Ambon pantau stok dan harga komoditas jelang Natal

id Sidak,Nataru,stok pangan,stok pangan di Ambon

Ambon pantau stok dan harga komoditas jelang Natal

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena melakukan lnspeksi Dadakan (Sidak) ke pasar tradisional Mardika Ambon untuk memantau pergerakan harga dan stok kebutuhan pokok menjelang perayaan Natal.  ANTARA/ Penina F Mayaut.

Ambon (ANTARA) - Pemerintah Kota Ambon melakukan lnspeksi mendadak (Sidak) dalam rangka memantau pergerakan harga dan stok kebutuhan pokok di pasar tradisional Mardika menjelang perayaan Natal. 
 
"Pemantauan harga kebutuhan pokok difokuskan pada kebutuhan pokok, yakni cabai, tomat, bawang merah dan bawang putih juga sayur-sayuran yang memiliki permintaan cukup tinggi menjelang hari-hari raya keagamaan," kata PJ Wali Kota Ambon  Bodewin Wattimena di Ambon, Rabu.

Menurut dia  stok rata-rata masih tersedia seperti bawang, sayur mayur semua masih cukup, tetapi biaya transportasi dari daerah penghasil ke Kota Ambon yang itu membuat ada kenaikan harga untuk komoditas tertentu.

Ia menyatakan, komoditas pasar yang mengalami kenaikan adalah cabai keriting, tetapi pihaknya memastikan jika masih terjadi kenaikan harga jual maka Pemkot Ambon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) akan memberikan subsidi kepada pedagang. 

"Yang harganya cukup tinggi pemerintah akan memberikan subsidi untuk pedagang, agar dijual dengan harga yang tidak terlalu tinggi," ujarnya. 

Subsidi diberikan bertujuan agar masyarakat yang membutuhkan komoditas tertentu dapat membeli dengan harga yang tidak terlalu mahal.  Pemkot katanya, juga akan melakukan pemantauan harga barang pada distributor dalam waktu dekat, sehingga dapat memastikan ketersediaan bahan pokok masyarakat tercukupi sampai dengan akhir tahun, dan tidak berimplikasi pada pembengkakan harga jual. 

Stok barang jelang Natal cukup yang kita sudah pantau berupa bawang merah dan bawang putih, kemudian telur semua cukup. "Selanjutnya nanti baru kita cek lagi di distributor untuk stok dan harga minyak goreng, gula pasir dan lain-lain," katanya. 

Pemkot Ambon dalam rangka menjaga stok ketersediaan bahan pokok, bekerja sama dengan aparat kepolisian untuk melakukan pemantauan ketersediaan bahan pokok ke sejumlah pasar dan distributor. 

Baca juga: Bangka Barat-Bulog kerja sama pemenuhan bahan pokok
Baca juga: Gorontalo pantau stok dan harga pangan kendalikan inflasi


"Kita melakukan koordinasi dan pengawasan dengan kepolisian untuk mengecek langsung ke distributor, supaya mereka tidak melakukan penimbunan bahan pokok yang dibutuhkan masyarakat jelang Natal dan tahun baru, " katanya.