"TWITTER" OBAMA DAN BRITNEY SPEARS DISERANG "HACKER"

id

Washington (ANTARA/AFP) - Akun Twitter (sejenis jejaring sosial maya) milik Presiden terpilih Barack Obama, penyanyi Britney Spears dan sejumlah sosok ternama lainnya ditetak (di-hack) Senin waktu setempat (Selasa WIB) dan pesan-pesan palsu atas nama mereka tersebar di Internet melalui layanan micro-blog.

Penemu Twitter, Biz Stone, dalam sebuah waran melalui blog resmi perusahaannya menyatakan, 33 akun Twitter telah ditetak termasuk akun milik Obama dan antariksawan CNN Rick Sanchez yang menarik puluhan ribu penggemarnya yang rata-rata remaja.

"Kami segera mengunci akun-akun itu dan menyelidiki kasus ini," kata Stone seraya menambahkan akun Twitter milik Obama tidak pernah lagi diperbarui (update) sejak ia memenangkan pemilihan presiden AS November lalu.

"Akun-akun ini dimanfaatkan oleh seseorang yang menetak (meng-hack) guna masuk ke sejumlah 'tool' yang tim kami gunakan untuk membantu orang melakukan sesuatu seperti menyunting alamat email yang berhubungan dengan akun Twitter mereka," kata Stone lagi.

Menurut laporan blog-blog teknologi, sejumlah "Twitter-ers" (pemilik Twitter) yang akunnya ditetak adalah termasuk yang dimiliki oleh stasiun televisi Fox News dan penyanyi Britney Spears.

Pesan dari Obama palsu mengundang penerima untuk melewati sebuah survai dengan iming-iming hadiah 500 dolar AS atau setara harga gas di AS, sementara pesan dari pengaku penyiar CNN menginformasikan pada para penggemarnya bahwa "suaranya serak" sehingga kemungkinan besar tidak bisa siaran Senin itu.

Twitter juga menjadi target serangan "phishing" (pembajakan sandi, username dan informasi-informasi krusial lainnya dalam email dan sejenisnya) selama liburan kemarin dalam mana para pembajak Internet (scampter) berupaya mendapatkan kata sandi dan informasi-informasi pribadi lainnya dari para pengguna Twitter.

Tetapi, Stone menyebutkan bahwa insiden pentetakan itu tidak berhubungan dengan aktivitas "phishing."

Menurut sebuah studi, Twitter, yang memungkinkan para penggunanya mengirimkan dan memperbarui informasi terkini dengan tidak lebih dari 140 karakter (termasuk tanda baca), diperkirakan telah dilanggani oleh empat sampai lima juta orang.

Diluncurkan pada Agustus 2006, kemunculannya mendapat sambutan dari sejumlah selebriti termasuk Barack Obama yang memiliki lebih dari 150 ribu penggemar, dan pemegang empat kali cincin juara NBA dari Phoenix Suns, pebolabasket Shaquille O'Neal. (*)