Pertamina berikan panduan mendapatkan QR Code subsidi pertalite

id Pertamina,Subsidi Tepat,Pertalite,QR Code,Pendaftaran Kendaraan,NTB

Pertamina berikan panduan mendapatkan QR Code subsidi pertalite

Pertamina Patra Niaga menyediakan layanan pendaftaran QR Code untuk mendapatkan BBM pertalite subsidi di SPBU. (ANTARA/HO-Pertamina)

Mataram (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga telah merespons keluhan konsumen yang mengalami kesulitan mendapatkan QR Code meskipun telah mendaftar, dalam rangka memastikan program subsidi tepat pertalite berjalan lancar.

Untuk membantu masyarakat, Pertamina Patra Niaga membagikan beberapa tips yang akan mempercepat proses pendaftaran dan memastikan QR Code diterima tanpa kendala.

Area Manager Comm Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Ahad Rahedi menjelaskan, kecepatan pendaftaran kendaraan untuk mendapatkan QR Code bisa berbeda-beda.

"Beberapa konsumen bisa langsung mendapatkan QR Code saat mendaftar, sementara yang lain mungkin perlu melakukan revisi beberapa kali karena dokumen yang diunggah tidak sesuai atau tidak jelas," katanya.

Untuk memperlancar proses pendaftaran, konsumen diharapkan mempersiapkan dokumen-dokumen berikut:

  1. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Foto kendaraan tampak samping dan depan

Ahad menekankan pentingnya kualitas foto dokumen. "Foto harus jelas dan terbaca dengan baik. Kami menggunakan teknologi AI untuk memverifikasi dokumen, jadi pastikan tidak ada yang kabur atau rusak. Jika dokumen tidak terbaca dengan baik, proses pendaftaran akan memakan waktu lebih lama," ujarnya.

Bagi yang menghadapi kesulitan, Pertamina Patra Niaga menyediakan layanan konsultasi di seluruh SPBU dan beberapa booth yang berkerja sama dengan pemerintah daerah maupun mandiri.

"Kami ingin memastikan bahwa semua konsumen bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan. Silakan datang ke SPBU terdekat atau booth subsidi tepat untuk mendapatkan bantuan," ucap Ahad.

Saat ini, sebanyak 27.499 kendaraan di Nusa Tenggara Barat (NTB), telah berhasil mendapatkan QR Code.  Hal itu menandakan animo pendaftar memang lebih tinggi dari jumlah yang tercatat.

"Oleh karena itu, ketelitian dalam mengupload dokumen sangat penting agar proses pendaftaran berjalan lancar," kata Ahad.

Saleh, seorang driver ojol yang telah berhasil mendapatkan QR Code, berbagi pengalamannya. "Awalnya, pendaftaran terasa rumit, tetapi dengan semua dokumen yang siap, prosesnya cukup mudah. Program ini sangat menguntungkan karena subsidi tepat sasaran," tuturnya.

Sementara itu, Zagan, pemilik rental kendaraan, merasa terbantu dengan fitur pendaftaran massal. "Program ini mempermudah usaha saya. Saya bisa mendaftarkan beberapa kendaraan sekaligus atas nama satu pemilik," ujar Zagan.

Masyarakat diimbau untuk segera mendaftarkan kendaraannya melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Untuk layanan konsultasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

  • Call Center Pertamina: 135
  • Video Call melalui Aplikasi MyPertamina
  • Chatbot NADIA: Aplikasi MyPertamina & WhatsApp (08111350135)

Dengan mengikuti tips dan panduan ini, diharapkan proses pendaftaran untuk mendapatkan QR Code subsidi pertalite menjadi lebih cepat dan lancar.