584 MAHASISWA IKUT POMDA SE-NTB

id

          Mataram, 13/7 (ANTARA) - Sebanyak 584 mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta se-Nusa Tenggara Barat (NTB) ikut ambil bagian dalam kegiatan Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomda) II, di Mataram, Senin.

         Pomda II tingkat perguruan tinggi se-NTB itu dibuka oleh Ketua Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) NTB, Drs Darwin MS, dan dihadiri oleh Asisten I Setda NTB, H Sirojul Munir.

         Turut hadir juga dalam acara pembukaan tersebut sejumlah rektor perguruan tinggi negeri dan swasta di NTB serta sejumlah pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB.

         Ketua Bapomi NTB, Drs Darwin MS, mengatakan, kegiatan Pomda tingkat perguruan tinggi se-NTB yang rencananya digelar selama enam hari itu sebagai ajang seleksi mahasiswa yang akan dikirim ke Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional XII di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

         "Ajang ini untuk menyeleksi atlet-atlet yang akan berlaga mewakili NTB pada Pomnas XII di Palembang Oktober nanti," ujarnya.

         Pomda II tingkat perguruan tinggi se-NTB tersebut mempertandingkan tujuh cabang olahraga yaitu sepakbola, sepak takraw, pencak silat, karate, panjat tebing, taekwondo dan tenis meja.

         "Sementara untuk cabang unggulan yakni atletik tidak dipertandingkan karena sudah diwakili oleh atlet-atlet nasional yang masih berstatus mahasiswa," ujarnya.

         Ia mengatakan, para atlet khususnya dari Universitas Mataram (Unram) yang berhasil meraih prestasi pada Pomnas XII di Palembang Sumsel, akan diberikan beasiswa sebagai penghargaan atas keberhasilannya mengharumkan nama NTB di tingkat nasional.

         Untuk atlet atau mahasiswa peraih medali emas akan diberikan bebas biaya pendidikan selama tiga semester, peraih medali perak dua semester dan peraih medali perunggu satu semester.

         Darwin yang juga Pembantu Rektor III Unram itu mengimbau kepada universitas lainnya di NTB untuk bisa mengikuti langkah yang dilakukannya sebagai bentuk perhatian untuk memotivasi semangat atlet sehingga mereka bisa serius dalam memberikan prestasi yang terbaik bagi daerah.

         "Kami tidak bisa mengintervensi kebijakan universitas lain, kami hanya bisa mengimbau agar mereka bisa mengambil kebijakan seperti yang kita lakukan," ujarnya.    

    Ia berharap atlet-atlet yang terpilih menjadi wakil NTB pada Pomnas XII bisa memberikan prestasi melebihi prestasi pada Pomnas XI di Banjarmasin Kalimantan Selatan yang hanya memperoleh lima emas dari cabang olahraga atletik.

         Sementara itu, Ketua KONI NTB, HMS Kasdiono, mengatakan, kegiatan Pomda ini merupakan suatu even yang sangat tepat untuk menggeliatkan olahraga di daerah ini.

         Kegiatan ini juga diharapkan dapat menciptakan atlet-atlet yang dapat mengharumkan nama baik NTB di tingkat nasional maupun internasional.

         "Seperti yang kita ketahui, banyak atlet-atlet yang berperestasi di tingkat nasional maupun internasional adalah produk dari Pusat Pembinaan dan Latiham Mahasiswa (PPLM) NTB," ujarnya.(*)