NTB diguncang gempa bumi 4,7 skala Richter

id Gempa Bumi NTB,Sumbawa Barat,Lombok Barat,4,7 SR

NTB diguncang gempa bumi 4,7 skala Richter

Pusat gempa bumi 4,7 SR yang mengguncang Kabupaten Sumbawa Barat , NTB dan sekitarnya. (BMKG)

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 kilometer tenggara Sumbawa Barat, NTB pada kedalaman 55 kilometer
Mataram (Antaranews NTB) - Gempa bumi berkekuatan 4,7 Skala Richter mengguncang Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya pada Selasa dinihari, pukul 02.39 WIB atau 03.39 WITA, namun tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menunjukkan bahwa pusat gempa bumi tersebut berkekuatan terletak pada koordinat 9,32 lintang selatan dan 117,21 bujur timur.

"Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 kilometer tenggara Sumbawa Barat, NTB pada kedalaman 55 kilometer," kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto.

Ia mengatakan dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, dan Lombok Barat III MMI.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Hingga pukul 03.22 WIB atau 04.22 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Tapi kami mengimbau masyarakat di Sumbawa Barat, dan Lombok agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Agus.

Sebelumnya, BMKG mencatat gempa bumi berkekuatan 4,8 skala Richter mengguncang Kabupaten Lombok Utara dan sekitarnya pada Kamis (18/10), pukul 08.13 WIB atau 09.13 WITA. (*)