Marquez juara di Catalunya

id motogp,gp catalunya,marc marquez

Marquez juara di Catalunya

MotoGP - Catalunya Grand Prix - Circuit de Barcelona-Catalunya, Barcelona, Spain - June 16, 2019 Repsol Honda's Marc Marquez in action during warm up REUTERS/Albert Gea (REUTERS/ALBERT GEA)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tuan rumah Marc Marquez (Repsol Honda) menjuarai GP Catalunya, Minggu, usai balapan yang penuh drama.

Marquez menyelesaikan balapan sepanjang 24 putaran di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol itu tanpa kesalahan untuk finis terdepan, unggul 2,660 detik di depan Fabio Quartararo yang meraih podium pertamanya untuk tim satelit Petronas Yamaha SRT, demikian laman resmi MotoGP.

Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) meraih podium keduanya musim ini setelah finis di P3.

Ini merupakan kemenangan kedua Marquez di Catalunya setelah pertama meraih gelar juara pada 2014 lalu.

Balapan berjalan penuh kejutan sejak awal lomba.

Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati), yang start dari P5 melakukan start yang bagus dan langsung memimpin jalannya lomba sejak Tikungan 1. Pun demikian Jorge Lorenzo (Repsol Honda) dari P10 ke P4 di belakang Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Marc Marquez (Repsol HOnda).

Ketika Marquez mendapat celah untuk menyalip Dovizioso, drama terjadi di lap kedua ketika Lorenzo kehilangan grip ban depan dan menyebabkan tabrakan beruntun di Tikungan 10 melibatkan Dovizioso, Vinales dan Valentino Rossi. Keempat pebalap itu gagal melanjutkan balapan.

Marquez, langsung melesat meninggalkan pesaing terdekatnya, Danilo Petrucci (Mission Winnow Ducati) dengan margin 2 detik di depan.

Menempel ketat Petrucci, Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) bersaing memperebutkan posisi kedua.

Setelah beberapa kali bertukar posisi dan melibatkan senggolan dengan sang pebalap Italia di Tikungan 4, Rins mendapat celah untuk melesat ke posisi kedua di lap ke 13.

Tugas berat bagi Rins dengan 11 lap tersisa ketika Marquez terlalu jauh di depan dengan jarak lima detik.

Petrucci kembali menyalip Rins di lap kedelapan memanfaatkan kekuatan motor Ducati di lintasan lurus Sirkuit Barcelona-Catalunya.

Peluang podium Rins sirna ketika sang pebalap asal Spanyol itu melebar dan kehilangan kendali motornya di Tikungan 1 ketika berusaha menyalip Petrucci hingga merosot ke peringkat 7 di belakang rekan satu tim, Joan Mir.

Malahan, Quartararo yang mendapatkan keuntungan dan menempati posisi kedua setelah itu, walaupun Petrucci masih menebar ancaman di P3.

Akhir pekan yang buruk juga berlaku bagi Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) yang melebar saat berusaha menyalip Jack Miller (Pramac Ducati) dan terjatuh di Tikungan 4 ketika balapan menyisakan enam putaran.

Menebus kesalahannya, Rins finis keempat untuk mengamankan 13 poin untuk Suzuki.

Jack Miller (Pramac Ducati) finis kelima di depan Joan Mir. Sementara pebalap tuan rumah lainnya, Pol Espargaro mengamankan finis ketujuh untuk KTM.

Takaaki Nakagami (LCR Honda) mengemas delapan poin di P8 di depan Tito Rabat (Reale Avintia Racing) dan Johann Zarco yang melengkapi finis 10 besar untuk KTM.

Dengan hasil itu, Marquez memperlebar jarak di puncak klasemen dengan koleksi 140 poin hingga balapan seri ketujuh musim ini.

Dovizioso masih bercokol di peringkat dua klasemen dengan 103 poin, ditempel ketat oleh Rins dengan selisi dua poin.

Petrucci, juara seri sebelumnya di Mugello, menambah koleksi poinnya di peringkat empat dengan total 98 poin, mengungguli Rossi yang berada di peringkat lima dengan 72 poin.