Pebalap Hamilton juara Grand Prix Meksiko

id gp meksiko,lewis hamilton,valtteri bottas,sebastian vettel,charles leclerc,formula1

Pebalap Hamilton juara Grand Prix Meksiko

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton melakukan selebrasi usai menjuarai Grand Prix Meksiko di Sirkuit Hermanos Rodriguez, Minggu waktu setempat. (27/10/2019) Reuters/Carlos Jasso

Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton keluar sebagai juara Grand Prix Meksiko di Sirkuit Hermanos Rodriguez, Minggu waktu setempat.

Hamilton yang start dari P3 memanfaatkan satu strategi pitstop dengan baik untuk finis pertama, 1,766 detik di depan pebalap rival Sebastian Vettel dari Ferrari yang menggunakan strategi yang sama, demikian laman resmi Formula 1.

"Hari ini adalah hasil yang luar biasa... kami tiba di sini berpikir jika posisi kami kurang menguntungkan dan ini adalah balapan yang sulit bagi kami, tapi kami berhasil," kata Hamilton usai lomba.

Pebalap asal Britania itu mengalami start yang buruk setelah dirinya dipaksa Vettel ke pinggir trek melibas rumput dan setelah tikungan pertama bersenggolan dengan pebalap Red Bull Max Verstappen

"Aku mendapati sedikit kerusakan di mobilku jadi balapan ini sedikit susah."

Vettel menggunakan ban hard yang lebih baru dari Hamilton namun sang pebalap Jerman tak cukup cepat untuk mengejar rivalnya dari Britania itu. Justru dirinya mendapatkan tekanan dari Bottas yang mengancam di belakang.

"Balapan yang sangat intens. Aku mendapati Valtteri memberiku tekanan yang besar di belakang, jadi aku tak terlalu memikirkan Lewis," kata Vettel.
 
Valtteri Bottas melengkapi podium untuk Mercedes di peringkat tiga sehingga peluang perebutan gelar juara dunia masih terbuka karena Hamilton gagal meraih keunggulan 14 poin dari rekan satu timnya itu untuk mengunci gelar.

Kemenangan itu merupakan kali ke-10 bagi Hamilton musim ini dan ke-83 selama karirnya membalap selain sebagai kemenangan ke-100 bagi Mercedes.

Hamilton kini memimpin klasemen pebalap dengan unggul 74 poin dari Bottas dengan 78 poin tersisa di tiga balapan terakhir sehingga perebutan gelar masih terbuka hingga di seri selanjutnya di Austin, Amerika Serikat.

"Aku tak keberatan," kata Hamilton soal belum bisa mengunci gelar di Meksiko.

Sementara itu strategi dua kali pitstop Ferrari tak bekerja dengan baik bagi Charles Leclerc yang mengawali lomba dari pole position. Pebalap asal Monako itu harus puas finis di peringkat empat di depan pebalap Red Bull Alexander Albon.

Pebalap Red Bull lainnya, Max Verstappen mendapati start yang buruk dan bersenggolan dengan Hamilton di awal lomba.

Kemudian Verstappen harus berjuang dari belakang ketika mendapati ban kanannya pecah karena senggolan dengan Bottas di lap kelima.
Juara GP Meksiko dua seri sebelumnya itu mampu memperbaiki posisinya untuk finis P6 dan memenangi voting pebalap terbaik hari itu.

Sebelumnya, Verstappen seharusnya start dari pole position tapi steward mengganjarnya penalti mundur tiga posisi start karena tidak melambatkan mobilnya ketika Bottas kecelakaan di babak kualifikasi.

Pahlawan lokal, Sergio Perez dari tim Racing Point memuaskan fan tuan rumah dengan finis P7 menahan tekanan yang datang dari pebalap Renault Daniel Ricciardo yang finis satu detik di belakangnya.

Duo pebalap Toro Rosso meraih poin ganda setelah Daniil Kvyat dan Pierre Gasly melengkapi peringkat 10 besar hari itu.


 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar