Profil Andi Gilang, wakil Indonesia di Moto2

id andi gilang,andi Farid Izdihar,moto2,idemitsu honda team asia

Profil Andi Gilang, wakil Indonesia di Moto2

Pebalap Indonesia Andi Farid Izdihar (HO/www.astra-honda.com)

Jakarta (ANTARA) - Andi "Gilang" Farid Izdihar akan menjadi wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia Moto2 musim depan setelah dilirik oleh Idemitsu Honda Team Asia.

Kabar baik itu datang ketika Honda Team Asia mengumumkan pada Selasa jika mereka telah merekrut pebalap berusia 22 tahun kelahiran Bulukumba, Sulawesi selatan itu untuk menjalani tahun penuh Moto2 musim 2020 menggantikan rekan senegaranya, Dimas Ekky Pratama.

Andi akan dipasangkan dengan pebalap Thailand Somkiat Chantra untuk mengendarai motor Kalex di balapan yang berada satu jenjang di bawah MotoGP itu..

"Bismillah. Alhamdulillah, terima kasih kepada Astra Honda, Honda Motor dan Honda Team Asia atas kesempatan dan tantangan yang besar ini. Saya akan melakukan yang terbaik," komentar Andi lewat akun Instagram.

Andi merupakan salah satu lulusan pertama dari Astra Honda Racing School (AHRS) bersama dengan pebalap Indonesia lainnya, Gerry Salim pada 2010.

Setelah menyelesaikan program AHRS, Andi tercatat mengikuti Kejuaraan Nasional bersama Honda Golden Team hingga 2013 kemudian Kejuaraan Nasional 2014 bersama Astra Motor Racing Team.


Sejak 2015 dirinya juga menjadi bagian dari Astra Honda Racing Team dan bersaing di beberapa kejuaran Asia dan Eropa.

Tahun ini, Andi pernah menjajal motor Moto2 ketika turun di Grand Prix San Marino pertengahan September lalu untuk menggantikan Dimas Ekky yang masih cedera kala itu.

Dia juga menjadi sebagai pebalap wildcard di lima seri CEV Moto2 selain fokus menjalani Asia Road Racing Championship Supersport 600 musim ini.

Dilansir laman resmi Astra-Honda, berikut ini sejumlah capaian Andi Gilang di sejumlah kejuaraan:

2010
- Astra Honda Racing School

2014
- Peringkat ke-6 Asia Dream Cup 2014

2015
- Juara Asia Talent Cup seri Qatar
- Runner-up Suzuka 4 Hours Endurance Race
- Peringkat ke-3 National Super Sports 2016

2016
-Peringkat ke-3 Asia Talent Cup 2016
-Peringkat ke-32 CEV Moto3 2016

2017
-Peringkat ke-17 Asia Talent Cup 2017

2018
-Peringkat ke-7 Suzuka Endurance Race
-Peringkat ke-5 klasemen umum Asian Road Racing Championship SS600