NIKMATNYA TUMI SEPI KHAS BIMA

id

NIKMATNYA TUMI SEPI KHAS BIMA

   Bima yang merupakan daerah di ujung timur wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), tidak hanya kaya wisata budaya, tetapi juga memiliki khazanah wisata kuliner yang sayang untuk tidak dicoba. Salah satu kuliner yang ada di daerah ini adalah Tumi Sepi atau tumis udang rebon. 
   Sepi adalah makanan khas Bima yang terbuat dari rebon atau anak udang yang sangat kecil yang di Bima disebut dengan Sepi Bou. Udang rebon ini sebelum dimasak, difermentasi dengan garam sehingga akan mengeluarkan aroma khas.
   
Untuk membuat Tumi Sepi, bahan bahan yang dibutuhkan diantaranya Sepi, lengkuas, sereh, kemangi, minyak goreng dan sedikit air. Selain itu, bawang merah, bawang putih, tomat, buah belimbing sayur (belimbing wuluh), cabe keriting, cabe rawit (dibiarkan utuh), serta garam dan gula pasir secukupnya.
    Cara membuatnya, panaskan minyak, tumis semua bumbu yang sudah diiris masukkan daun sereh dan lengkuas setelah harum masukkan Sepi, garam secukupnya dan gula pasir, masukkan air secukupnya dan aduk-aduk terus hingga matang. Sebelum diangkat masukkan cabe rawit dan kemangi. Biarkan cabe rawit layu setelah itu diangkat. Nah, Tumi Sepi siap dihidangkan.
    Menikmati Tumis Sepi akan semakin lengkap kalau dihidangkan bersama lalapan, sayur asam atau sayur bening. Jika ingin rasa pedas, bisa ditambahkan cabe rawit yang sudah dipotong-potong dan air jeruk purut. Akan lebih sedap jika kulit jeruk purut diiris-iris dicampurkan dengan Sepi. Ssebelumnya jeruk purut dimemarkan dulu untuk membuang rasa getir.
    Ada alternatif yang barangkali juga bisa dicoba yakni dicampurkan dengan mbohi dungga (sambal parado).Hemm, tampilan yang segar Tumi Sepi benar-benar akan menggugah selera makan anda. Nah, sambil menyusuri sejarah peradaban Kasultanan Bima, anda pun bisa menikmati makanan khas yang satu ini. Selamat mencoba.(*)



 


 

Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar