ADEBAYOR LENGSER

id



London (ANTARA) - Striker Manchester City dan tim nasional Togo, Emmanuel Adebayor, mengumumkan pengunduran diri dari kancah sepak bola internasional.

Pemain yang berusia 26 tahun itu, kapten Togo ketika bus mereka dihujani tembakan saat mengikuti turnamen Piala Afrika Januari lalu sehingga dua anggota tim tewas, mengeluarkan pernyataannya Senin, sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Menyusul kejadian tragis dalam Piala Afrika Januari lalu, saya mengambil keputusan berat untuk mengundurkan diri dari sepak bola internasional," katanya dalam laman klub Liga Utama (www.mcfc.co.uk.).

"Saya sudah berusaha menghilangkan bayangan menakutkan itu dalam beberapa bulan ini, tetapi saya masih tetap dihantui kejadian yang saya saksikan sendiri yang menimpa bus tim Togo itu," katanya.

Togo mundur dari turnamen itu sebelum pernah menendang bola dan mereka dihukum tidak boleh tampil dalam dua turnamen Piala Afrika berikutnya, oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).

Asisten pelatih dan ofisiar media tim Togo tewas dalam insiden pada 8 Januari itu sehingga diadakan hari berkabung tiga hari di negara itu.

"Selama sembilan tahun saya bermain di tim Togo dan selama itu saya memiliki kenangan manis dalam dunia sepak bola dan dalam karir saya," kata Pemain Terbaik Afrika 2008 itu.

"Semua orang termasuk para pelatih merupakan orang spesial bagi saya dan mereka serta rakyat Togo selalu dekat dalam hati saya dan saya berharap mereka sukses melakukan yang terbaik pada masa depan," katanya.

Adebayor melakukan 38 penampilan bagi tim nasional Togo, yang tidak lolos ke Piala Dunia di Afrika Selatan Juni, dan mencetak 16 gol.(*)