Selong, Lombok Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat menunjukkan komitmennya dalam upaya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan penandatanganan kesepakatan bersama dengan Universitas Gunadarma (UG) Jakarta.

Kesepakatan terkait pendidikan, penelitian, pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat tersebut ditandatangani di Technopark UG dan dihadiri Bupati Lombok Timur, Sukiman Azmy dan Rektor UG.

"Pemda memilih UG dalam upaya peningkatan kualitas SDM Lombok Timur, karena kredibilitas kampus tersebut diyakini dapat mendukung pengembangan potensi Lombok Timur mulai dari sumber daya alam (SDA) hingga sumber daya manusia (SDM)," kata Sukiman Azmy dalam keterangan tertulisnya, di Selong, Kamis.

Bupati optimis kerja sama ini akan segera berjalan sebab langsung ditindaklanjuti kesepakatan dengan OPD/ lembaga teknis. Sehingga dengan adanya kesepakatan tersebut diharapkan IPM Lombok Timur bisa meningkat seperti yang diharapkan.

"Semoga IPM Lombok Timur bisa meningkat kedepannya," katanya.

Sementara itu Rektor UG Margianti menegaskan pihaknya akan berupaya mendukung percepatan peningkatan IPM Lombok Timur, bahkan melampaui target posisi ke tujuh yang telah ditetapkan. Dikatakannya bahwa UG tidak hanya menerapkan tri dharma perguruan tinggi, melainkan catur dharma

"Di mana yang ke empat adalah dharma wisata, yang salah satunya dapat dilihat dari keberadaan Technopark UG," katanya.

Kegiatan yang dihadiri Kepala LL Diktin Wilayah III Jakarta, serta Wakil Rektor IV UG diisi juga dengan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Ketua Badan Promosi Pariwisata (BPPD) Lombok Timur.

Selain mencakup pengembangan dan pemanfaatan SDM untuk pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, kerja sama dengan UG juga meliputi pengembangan dan penerapan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan potensi dan layanan pemerintah, juga pengembangan desa wisata.

"Ini juga merupakan salah komitmen kami dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Riza Fahriza
Copyright © ANTARA 2024