Mataram, 22/6 (ANTARA) - Kalangan guru mendominasi juara Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang digelar Pemerintah Kota Mataram sejak 20-22 Juni 2012.
     Sekretaris Korpri Kota Mataram Johan, di Mataram, Jumat, mengatakan berdasarkan keputusan Dewan Hakam STQ Kota Mataram Nomor : 1/Kpts/2012  tentang Penetapan Qori' dan Qoriah terbaik pada STQ Tingkat Korpri Kota Mataram tahun 2012 cabang murottal (tadarusan) putra dimenangkan oleh H Muhammad Arsyad, S.Pd, MA, guru dari SMA Negeri 2 Mataram dan juara dua diraih M Haris, S.PdI, guru SMA Negeri 6 Mataram, sedangkan juara tiga diraih Mahnun, S. Sos, perwakilan dari Kelurahan Dasan Agung Baru Kecamatan Selaparang.
     "Juara harapan satu diraih oleh perwakilan dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Mataram Usman, SEI, dan juara harapan dua diraih Agus Haryanto dari Dinas Kebersihan Kota Mataram," katanya.
     Untuk juara satu cabang murottal putri  di raih oleh guru dari SD Negeri 9 Mataram atas nama Nurul Aini,  juara dua Salmiati, S.Ag, perwakilan dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Anak TK/SD Kecamatan Ampenan dan Sekarbela.
     Johan mengatakan, juara ketiga cabang murottal putri diraih oleh Hurianan Yunusiah, guru SD Negeri 43 Ampenan.
     Untuk juara harapan satu diraih oleh Nuraini, S.Pd, guru SD Negeri 26 Mataram dan Indah Mustaniroh, S. Pd, guru dari SMP Negeri 9 Mataram juara harapan dua.
     "Para juara ini akan mewakili Kota Mataram dalam STQ Korpri tingkat Provinsi NTB pada pertengan Juli 2012. Selain mendapatkan piagam penghargaan, juga mendapatkan dana pembinaan dari Pemerintah Kota Mataram," ujarnya.
     Ketua Korpri Kota Mataram H Lalu Makmur Said, pada acara penutupan STQ Korpri tingkat Kota Mataram, memberikan apresiasi terhadap keberhasilan guru yang berhasil mendominasi perolehan juara hingga 90 persen.
     Ia berharap perolehan juara  dalam STQ Korpri bisa merata. Oleh sebab itu, setiap kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkot Mataram harus terus melakukan pembinaan optimal kepada aparaturnya sehingga bisa memberikan prestasi pada STQ Korpri pada 2013.
     "Saya berharap pada 2013 mendatang, juara STQ merata, tidak hanya didominasi guru saja. Kalau melihat hasil STQ tahun ini, bisa dikatakan peserta dari kalangan nonguru sudah takut duluan," ujarnya.
     Selain menjadi ajang seleksi qori' dan qoriah yang akan menjadi wakil Kota Mataram pada STQ Korpri tingkat Provinsi NTB, kegiatan yang bersifat keagamaan itu juga bertujuan untuk peningkatan iman dan taqwa para PNS di lingkup Pemkot Mataram, dan ajang silaturrahmi sesama aparatur pemerintah.
     Jumlah qori dan qoriah yang ikut seleksi sebanyak 96 orang, berasal dari anggota masing-masing SKPD lingkup Pemkot Mataram.
     Kegiatan STQ tersebut melibatkan lima dewan hakam yang berasal dari  luar korpri.
    Jenis mata lomba yang diikuti adalah mata lomba murottal (tadarus). Peserta yang berhasil masuk final kemudian mengikuti tahfiz Juz Amma sebagai salah satu penilaian juara terbaik.
(*)

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024