Mataram (ANTARA) - Universitas Mataram (Unram) Nusa Tenggara Barat berkolaborasi dengan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) berkolaborasi dalam pengembangan universitas untuk mewujudkan kemajuan kampus bersama.

Kolaborasi dua perguruan tinggi negeri tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor Unram Prof Bambang Hari Kusumo dan Rektor UPNVY Prof M Irhas Effendi di Mataram, Rabu.

"Kolaborasi dengan perguruan tinggi lain itu penting. Banyak hal yang bisa kita lakukan bersama dengan harapan ke depannya Unram dan UPN Veteran Yogyakarta dapat maju bersama," kata Rektor Unram Prof Bambang Hari Kusumo.

Ia mengatakan kedatangan UPNVY ke Unram yang dilanjutkan dengan penandatanganan MoU merupakan langkah awal kerja sama kedua universitas untuk bersama-sama mengembangkan kampus masing-masing.

"Kami berterima kasih sudah dikunjungi oleh Senat UPNVY karena tidak hanya sekedar mempererat silaturahmi antarperguruan tinggi, tapi juga bisa membangun semangat untuk memajukan kampus secara bersama-sama," ujar Bambang.

Baca juga: Kampus STKIP Kusuma Negara Jaktim terbakar, 11 damkar dikerahkan
Baca juga: Sejumlah pelajar Indonesia gelar festival budaya di Taipei

Sementara itu, Rektor UPNVY Prof M Irhas Effendi mengatakan kunjungan ke Unram dalam rangka studi banding kebijakan dari masing-masing universitas. Ia menyebutkan ada dua yang menjadi hal penting dalam kunjungannya kali ini, yaitu untuk meningkatkan efektifitas kinerja senat dan untuk meningkatkan kualitas institusi.

"Kami berharap nanti setelah ada MoU, itu bisa diimplementasikan dalam bentuk Memorandum of Agreement (MoA)," ucap Irhas.

Rektor sekaligus Ketua Senat UPNVY berharap dapat berkolaborasi dengan Unram di bidang akademik, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), riset, pengabdian masyarakat, dan pengembangan kompetensi sumber daya alam serta di bidang lainnya di masa mendatang.


 

Pewarta : Awaludin
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024