Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menggelar uji publik rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 dalam rangka menjawab berbagai permasalahan dan tantangan pembangunan.

"Perlu perencanaan yang matang di tengah keterbatasan kemampuan keuangan daerah, dibutuhkan perencanaan yang efektif dan efisien dalam setiap pelaksanaan kebijakan," kata Wakil Bupati Lombok Tengah, HM Nursiah saat membuka acara tersebut di Kantor Bupati Lombok Tengah, Kamis.

Ia mengatakan perencanaan pembangunan 2024 merupakan tahun ketiga pelaksanaan RPJMD 2021-2026. Setiap tahapan pembangunan memiliki dinamika tersendiri, berbagai peluang terkadang tidak dapat dimanfaatkan dan munculnya tantangan kerap menjadi penghalang dalam suksesnya pembangunan.

Oleh karena itu, hal-hal yang menjadi faktor kegagalan maupun pendorong keberhasilan dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan pada proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan kedepannya.

"Sebagai upaya kita bersama dalam gerak pembangunan yang responsif dan adaptif, pembangunan 2024," katanya.

Ia mengatakan RKPD 2024 difokuskan pada upaya peningkatan mutu layanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan kompetensi tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja, memperkuat ekosistem kepariwisataan daerah, standardisasi produk unggulan daerah, peningkatan kualitas pelayanan publik.

"Selain itu menjaga stabilitas sosial kemasyarakatan didukung peningkatan kualitas jalan dan cakupan layanan irigasi serta peningkatan kualitas lingkungan hidup dan mitigasi bencana," katanya.

Kepala Bappeda Lombok Tengah, Lalu Wiranata mengatakan rencana pembangunan 2024 mengambil tema “peningkatan daya saing sumber daya manusia dan inovasi daerah menuju akselerasi ekonomi berkelanjutan" melalui peningkatan mutu layanan pendidikan dan meningkatkan mutu layanan kesehatan dasar serta rujukan.

Kemudian meningkatkan standardisasi produk unggulan daerah, memperkuat ekosistem kepariwisataan daerah, peningkatan produktifitas, mutu produk pangan, meningkatkan kompetensi tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja, meningkatkan kualitas jalan dan cakupan layanan irigasi, peningkatan kualitas lingkungan hidup dan mitigasi bencana dan peningkatan kualitas pelayanan publik dan menjaga stabilitas sosial.

"Ada 9 poin fokus peningkatan pembangunan Lombok Tengah di 2024," katanya.

 

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Riza Fahriza
Copyright © ANTARA 2024