Mataram (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyebutkan sebanyak 686 calon haji asal Kota Mataram sudah berada di Mekkah, Arab Saudi, pada musim haji tahun ini.

Kepala Seksi (Kasi) Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kota Mataram H Kasmi di Mataram, Jumat, mengatakan, sebanyak 14 calon haji Mataram tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 13 Embarkasi Lombok sudah berada di Mekkah.

"Kloter 13 ini merupakan kloter terakhir Embarkasi Lombok yang diberangkatkan pada 21 Juni 2023. Dengan demikian Alhamdulillah sebanyak 686 calon haji asal Kota Mataram sudah berada di Tanah Suci," katanya.

Dari informasi petugas haji di Tanah Suci Mekkah, kata dia, sejauh ini kondisi jamaah calon haji asal Kota Mataram yang tergabung pada Kloter 4, 10, dan 11, dalam keadaan sehat walafiat.

Walaupun dua hari sebelumnya ada salah satu calon haji yang sakit, atas nama Aisiyah, sempat dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi. Namun sekarang sudah kembali sehat dan bergabung dengan jamaah lain.

"Alhamdulillah hingga saat ini jamaah calon haji asal Kota Mataram masih utuh dan sekarang sedang melaksanakan ibadah wajib dan sunah di Tanah Suci," katanya.

Kendati demikian pihaknya tetap mengingatkan kepada para petugas haji agar aktif mengingatkan jamaah agar menjaga kesehatan dan banyak minum air putih untuk menghindari terjadinya dehidrasi, karena cuaca di Tanah Suci mencapai 40 derajat Celsius.

"Apalagi dari 686 calon haji kita sekitar 30 persen masuk lanjut usia (lansia) sehingga membutuhkan perhatian yang lebih," katanya.

Di sisi lain, Kasmi mengatakan tambahan kloter jamaah calon haji asal Kota Mataram dari tiga kloter menjadi empat kloter terjadi karena adanya tambahan kuota haji reguler secara nasional.

"Untuk Kota Mataram dari kuota awal sebanyak 669 menjadi 686 calon haji," katanya.

 

Pewarta : Nirkomala
Editor : Riza Fahriza
Copyright © ANTARA 2024