Mataram (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan aplikasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024/2025 yang dilengkapi dengan titik koordinat tempat tinggal calon siswa yang mendaftar.  

"Penentuan titik koordinat ini penting untuk menentukan siswa dari jalur zonasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Matarm Yusuf Zain di Mataram, Selasa.

Selain itu, penentuan aplikasi PPDB dengan titik koordinat dimaksudkan agar PPDB berjalan objektif, transparan, akuntabel, berkeadilan, dan tidak diskriminatif.

Dikatakan, dalam pelaksanaan PPDB setiap tahun dilaksanakan secara "online" berbasis aplikasi yang sudah disiapkan untuk memudahkan panitia PPDB melakukan seleksi calon siswa sesuai dengan jalur yang digunakan. Untuk tahun ini, PDB 2024/2025 dijadwalkan akhir Juni 2024.  

Baca juga: Disdik Mataram bahas regulasi Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Karena itu, saat ini Disdik masih melakukan pembahasan terhadap regulasi PPDB 2024/2025 terutama untuk jalur zonasi akan dilakukan perbaikan maksimal agar tidak terjadi "rebutan" siswa atau penumpukan siswa pada sekolah-sekolah tertentu.   

Termasuk pada zonasi sekolah irisan atau sekolah pinggiran dan berdekatan seperti di SMPN 1, SMPN 1, dan SMPN 15 Mataram yang berada pada satu jalur dan zona.

"Setelah poin zonasi ini selesai, barulah kita akan mengundang vendor untuk menyiapkan aplikasi titik koordinat dalam PPDB," katanya.

Baca juga: Dukcapil pemkot Mataram sebut penerbitan KK baru di luar kepentingan PPDB

Sementara untuk mengantisipasi adanya sekolah kekurangan siswa, Yusuf mengatakan, pada PPDB 2023/2024 Disdik sudah melakukan perubahan regulasi dengan menambah kuota jalur zonasi tingkat SMP menjadi 60 persen dari kuota sebelumnya 50 persen.

Pertimbangan penambahan kuota jalur zonasi itu agar anak-anak yang lulus SD bisa melanjutkan ke SMP yang ada di zona masing-masing sehingga tidak keluar dari zona mereka.

"Hanya saja, dari hasil evaluasi pelaksanaan PPDB tahun lalu, tambahan kuota itu belum bisa berjalan maksimal jadi tahun ini perlu kita lakukan perbaikan kembali," katanya.

Baca juga: Pemkot Mataram minta Dikbud NTB beri porsi zonasi PPDB seimbang

Lebih jauh Yusuf mengatakan, dalam regulasi PPDB tahun ajaran 2023/2024 tingkat SMP juga dilakukan pengurangan untuk kuota jalur prestasi dari 30 persen menjadi 20 persen.

Hal itu dimaksudkan sebagai upaya pemerataan siswa berprestasi di semua SMP baik negeri maupun swasta se-Kota Mataram. Sedangkan untuk kuota jalur afirmasi masih tetap 15 persen, dan 5 persen untuk kuota perpindahan siswa.

"Untuk kuota jalur prestasi, afirmasi, dan perpindahan siswa, sejauh ini masih bisa berjalan baik sehingga perubahan tidak dinilai mendesak," katanya.

Baca juga: Kota Mataram kaji penggabungan sekolah kekurangan siswa


 

Pewarta : Nirkomala
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024