Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga melalui Jasamarga Toll Road Maintenance (JMTM) dan Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) fokus pengamanan pengguna jalan terkait longsor dinding penahan tanah di akses keluar (off ramp) Veteran Ruas Tol JORR W2S pada Sabtu.

"Jasa Marga melalui Jasamarga Toll Road Maintenance (JMTM) dan Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) segera tiba di lokasi dan melakukan penanganan," ujar Senior Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Alvin Andituahta Singarimbun di Jakarta, Sabtu.

Tim JMTO segera melakukan rekayasa lalu lintas dengan melakukan penutupan sementara lajur satu dan bahu luar untuk mengurangi beban pada lereng yang mengalami longsor.

Sementara tim JMTM melakukan pembersihan puing longsoran di Jalan Mulia Bakti agar dapat kembali berfungsi optimal. Terjadi longsor dinding penahan tanah Segmental Retaining Wall_ (SRW) pada akses keluar (off ramp) Veteran Ruas Tol JORR W2S pada Sabtu 6 Juli 2024 pukul 13.20 WIB.

Akibat kejadian tersebut, puing longsor sempat menutup sebagian akses jalan lingkungan. Longsor diduga terjadi akibat curah hujan tinggi dan menyebabkan rembesan air dari saluran samping jalan ke dalam tanah sehingga mendorong tanah dan menyebabkan longsor.

Sebagai upaya penanganan sementara, dilakukan pemasangan cerucuk untuk memperkuat dinding penahan dan mencegah tanah kembali longsor sampai dengan dilakukannya perbaikan permanen.

Baca juga: Jasamarga sesuaikan tarif tol Surabaya-Mojokerto Jatim
Baca juga: Jasamarga jelaskan kontruksi progres Tol Jogja-Bawen Seksi 1 capai 59,26 persen

Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami akibat kejadian tersebut. Pengguna jalan diimbau untuk mengantisipasi arah perjalanan dan tidak melalui lokasi kejadian untuk menghindari kepadatan.

Informasi lalu lintas di seputar jalan tol Jasa Marga Group di wilayah Jabodetabek dan Bandung dapat diakses melalui Call Center 24 jam di nomor 14080, aplikasi TRAVOY dan media sosial resmi Jasa Marga Metropolitan.


 

 

Pewarta : Aji Cakti
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024