Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakan bimbingan teknis dan uji kompetensi dalam rangka memperkuat kapasitas dan meningkatkan kualitas wartawan yang bertugas di daerah setempat.

"Kegiatan ini diharapkan dapat mencetak wartawan yang kompeten dan berintegritas tinggi, sehingga produk jurnalistik yang dihasilkan dapat bermanfaat bagi masyarakat," kata Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lombok Tengah Muhammad di Mataram, Jumat.

Ia mengatakan wartawan merupakan pilar demokrasi pembangunan dan bertanggung jawab dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Baca juga: Wartawan Lombok Tengah deklarasi Anti Hoaks

Selain itu, wartawan juga memiliki tanggung jawab besar dalam mengawal keadilan, kebenaran informasi yang disampaikan, dan mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Informasi yang disampaikan itu harus benar dan bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, melalui kegiatan ini diharapkan informasi yang dihasilkan dapat disampaikan dengan benar dan dapat dipercaya masyarakat.

Baca juga: Organisasi wartawan dan pemda menanam ribuan pohon di Lombok Tengah

Kegiatan ini juga bertujuan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas wartawan dalam menghadapi kemajuan teknologi dalam era digital.

"Wartawan harus memiliki kemampuan menulis dan mencari informasi yang benar dengan kemajuan teknologi digital," katanya.

Dalam mencari informasi, wartawan juga diharapkan mematuhi kode etik.

"Kode etik wartawan itu harus menjadi panduan dalam mencari informasi yang benar," katanya.

Baca juga: Wabup Lombok Tengah ajak wartawan dukung Pemilu 2024
Baca juga: Forum Wartawan Lombok Tengah kecam tindakan oknum wartawan peras pejabat


Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024