Jakarta (ANTARA) - Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas Prof Asrinaldi menilai pujian Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh untuk Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad sebagai bagian dari komunikasi politik.

Menurut dia, pujian dari Surya juga dapat dinilai sebagai upaya mendekatkan NasDem dengan Gerindra agar dilibatkan dalam pemerintahan Presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Apalagi Prabowo memang ingin memperbesar koalisi ini, sehingga pemerintahannya menjadi kuat dan tidak ada gangguan, dalam tanda kutip oleh DPR," katanya saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Kamis.

Bila NasDem bergabung dengan pemerintahan mendatang, kata dia, maka koalisi di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang merupakan pengusung Prabowo dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, dinilai akan bubar.

"Tentu partai-partai yang berkoalisi di luar KIM yang selama ini bersaing dengan Prabowo dalam pemilihan presiden dengan sendirinya akan bubar ketika beberapa partai koalisi itu bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran," ujarnya.

Beberapa partai di luar KIM selain NasDem adalah Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Keadilan Sejahtera, PDI Perjuangan, Partai Persatuan Pembangunan, Partai Perindo, hingga Partai Hanura.

Sementara itu, ia berpendapat sosok Dasco sebagai tangan kanan Prabowo menjadi penting untuk menjembatani bergabung-nya partai-partai di luar KIM ke dalam pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya.

"Tentu bagaimanapun apa yang disampaikan Dasco kepada Prabowo itu akan didengarkan karena dia menjadi orang kepercayaannya Prabowo," jelasnya.

Sebelumnya, Surya Paloh memuji Sufmi Dasco Ahmad sebagai tokoh politik the rising star dalam acara Hari Lahir Ke-26 PKB di Balai Sidang Jakarta, Jakarta, Selasa (23/7) malam.

Baca juga: Pertemuan Rosan dengan Megawati sekadar silaturahim
Baca juga: Pengamat politik menyakinkan transisi pemerintahan Jokowi ke Prabowo berjalan mulus

"Khusus untuk Bung Dasco ini, saya perlu menyatakan di tempat ini, inilah tokoh the rising star kita ke depan," kata Surya.

Pujian yang disampaikan Surya itu merupakan yang kedua dalam acara tersebut. Pada kesempatan pertama, dia memuji Dasco usai mengamati tempat duduk acara Harlah PKB.

"Jadi, di sini saya juga melihat begitu hebat diatur suasana protokoler tempat duduk yang ada. Ketua umum PKB (Muhaimin Iskandar) di tengah, yang senior sebelah kanan, tokoh yang luar biasa, Bung Dasco, kita berikan tepuk tangan, ada di sebelah kiri," ujarnya.

 

Pewarta : Rio Feisal
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024