Mataram (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiagakan layanan puskesmas 24 jam sebagai upaya mendukung kesuksesan perhelatan internasional MotoGP di Sirkuit Mandalika, 27-29 September 2024.

"Meskipun penanganan kesehatan menjadi ranah provinsi, tetapi kami dilibatkan dalam grup menyukseskan MotoGP 2024 sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mataram H Emirald Isfihan, di Mataram, Senin.

Salah satu peran yang bisa diambil Dinkes, kata dia, menyiagakan layanan 24 jam di 11 puskesmas se-Kota Mataram termasuk menyiagakan paramedis.

Baca juga: ITDC siapkan mitigasi bencana di ajang MotoGP Indonesia 2024

Hal tersebut sebagai bentuk dukungan layanan kesehatan ketika terjadi gangguan kesehatan terhadap penonton dan wisatawan yang sedang berada di wilayah Kota Mataram bisa ke fasilitas kesehatan terdekat di sekitarnya.

"Prinsipnya layanan kesehatan pada event dan kondisi apapun, kami siap sedia melayani," katanya.

Baca juga: Layanan penukaran tiket ajang MotoGP di Mandalika Lombok mulai dibuka

Sementara menyinggung keterlibatan Dinkes dalam kegiatan parade pembalap yang berlangsung 25 September 2024, Emirlad mengatakan, sejauh ini belum ada koordinasi menyiagakan petugas khusus atau layanan puskesmas keliling.

Menurut dia, pihaknya masih menunggu koordinasi lebih lanjut sesuai arahan panitia terkait dengan layanan kesehatan saat parade pembalap.

"Jika kami diminta siapkan mobil ambulans untuk mengawal peserta parade, tentu kami sudah siap," katanya.

Asisten I Setda Kota Mataram H Lalu Martawang sebelumnya mengatakan, kegiatan parade pembalap akan dihadiri 11 bintang pembalap MotoGP yang akan berlaga pada 27-29 September 2024 dan salah satunya Marc Marquez akan menjadi sosok utama meramaikan parade serta satu pembalap Indonesia di Honda Team Asia Moto2 yakni Mario Aji.

Baca juga: BMKG: NTB dihujan ringan saat pelaksanaan MotoGP 2024

Para pembalap akan melakukan parade pada Rabu (25/9) mulai pukul 16.00 Wita dari depan Taman Sangkareang Jalan Pejanggik menuju ke arah barat dan finish di Teras Udayana.

Para pembalap akan diarak menggunakan mobil trailer Mandalika dan diiringi atau dikawal oleh sejumlah penggemar motor yang ada di daerah ini,

Terkait dengan hal itu, pihaknya berharap agar masyarakat bisa menjaga keamanan, kenyamanan, dan kondusifitas di wilayah masing-masing.

Dengan demikian, berbagai kegiatan MotoGP Mandalika bisa berjalan aman, lancar, dan sukses sehingga tiga target sukses Pemerintah Kota Mataram yakni sukses penyelenggaraan, sukses pencitraan, dan sukses ekonomi bisa tercapai.

"Mari kita meriahkan dan buktikan kita adalah tuan rumah terbaik yang bisa menyapa dan melayani tamu-tamu," katanya.

Baca juga: Sebanyak 200 unit bus gratis disiapkan untuk penonton MotoGP Mandalika2024

Pewarta : Nirkomala
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024