Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar kegiatan sosialisasi program orientasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) secara online atau melalui program aplikasi Massive Open Online Course (MOOC).

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lombok Tengah Wardihan di Lombok Tengah, Selasa mengatakan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Keputusan Lembaga Administrasi Negara Nomor 289 Tahun 2022, PPPK juga harus mendapatkan pelatihan pembekalan atau orientasi.

"PPPK ini mengikuti orientasi secara online," katanya.

Baca juga: Alhamdulillah!! Usulan 583 formasi PPK Mataram sudah disetujui

Oleh karena itu, pihaknya telah mengumpulkan para PPPK yang lulus 2024 untuk mengikuti pembekalan penggunaan aplikasi MOOC tersebut sesuai arahan dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

"Jumlah PPPK yang mengikuti orientasi ini sebanyak 800 orang lebih," katanya.

Ia mengatakan MOOC PPPK adalah salah satu metode dalam pelatihan dasar untuk para calon PPPK dengan tujuan membangun dan mewujudkan ASN yang profesional dan berkarakter.

"Ini untuk meningkatkan kapasitas PPPK, sehingga lebih memahami tugas yang dilaksanakan dan tanggung jawab mereka," katanya.

Baca juga: Hasil seleksi PPPK 2024 diumumkan kapan? berikut penjelasannya

Kegiatan orientasi tersebut direncanakan dilaksanakan awal Oktober 2024, karena saat ini masih dilaksanakan sosialisasi penggunaan aplikasi MOOC tersebut.

"Orientasi ini dilaksanakan selama dua pekan biasanya," katanya.

Dalam kegiatan itu materi yang disampaikan seperti wawasan kebangsaan, tugas ASN dan program BerAKHLAK atau berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif.

Baca juga: Alhamdulillah!! Rekrutmen PPPK 2024 dibuka, berikut persyaratan daftarnya

Pewarta : Akhyar Rosidi
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024