Sirkuit Mandalika, NTB (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan kemitraan pemerintah dengan Dorna Sport untuk menggelar MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), tetap berlanjut hingga 2027.

"Sudah berulang kali kami sampaikan MotoGP ini akan berlanjut. Komitmen dan kemitraan pemerintah bersama BUMN Injourney dan Dorna Sport akan terus. Jadi MotoGP 2025, 2026, 2027 akan berlanjut," kata Sandiaga Uno didampingi Chairman MotoGP Mandalika Troy Reza Warokka pada wartawan usai meninjau Sirkuit Mandalika pada sesi Practice, Jumat.

Atas keberlanjutan kemitraan antara pemerintah, BUMN Injourney serta Dorna Sport, Sandiaga Uno, meminta dukungan masyarakat untuk terus menyukseskan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Baca juga: Dorna Sports content with Mandalika Circuit: Minister

Mengingat dampaknya yang cukup besar bagi peningkatan ekonomi dan kunjungan wisatawan ke Indonesia, termasuk juga Provinsi NTB.

"Kita harapkan masyarakat terus mendukung dengan melihat jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Indonesia dan NTB," ujarnya.

Berkaca pada MotoGP sebelumnya, kehadiran ajang balap motor paling bergengsi di dunia mampu menciptakan lapangan kerja 2.000-3.000 orang per sekali kegiatan MotoGP.

"Tapi secara keseluruhan seperti apa kita akan turunkan tim untuk mengkaji. Tahun pertama dampaknya sampai Rp8 triliun. Dan tahun lalu total peningkatan ekonominya mencapai hampir 1 persen, berarti ini ajang ini layak untuk diteruskan dari segi skala ekonomi," kata Sandiaga Uno pula.

Baca juga: Pembalap dan Dorna puas kondisi trek Sirkuit Mandalika Lombok

Terkait hosting fee sebesar Rp231 miliar yang harus dibayarkan ke Dorna Sport, Sandiaga menyatakan bahwa tidak ada masalah, karena semuanya sudah bisa dibayarkan.

"Alhamdulillah untuk hosting fee semua sudah selesai, sudah ditandatangani kerjasamanya, jadi sudah tidak ada masalah," katanya pula.



 

Pewarta : Nur Imansyah
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024