Jakarta (ANTARA) - Tim bulu tangkis junior Indonesia mempersiapkan diri dengan strategi terbaik demi tampil apik saat menghadapi tim Jepang pada babak semifinal Piala Suhandinata 2024 di Nanchang International Sports Center Gymnasium, Nanchang, China, Jumat (4/10).
 

Manajer Tim Junior Bulu Tangkis Indonesia Rionny Mainaky mengatakan strategi tersebut diracik setelah berkaca dan mengevaluasi dari penampilan melawan India di babak perempat final, Kamis (3/10).

“Dari penampilan hari ini anak-anak harus lebih hati-hati lagi. Saya lihat beberapa pemain agak grogi ya tampil di perempat final. Dari pergerakan ada ragu-ragu apalagi ketika speed lawan lebih cepat, mereka mainnya jadi disetir lawan. Itu yang harus diperhatikan,” kata Rionny, dikutip dari keterangan resmi PP PBSI.

“Berkaca dari penampilan tadi pasti nanti saya dan tim pelatih akan evaluasi. Besok lawan Jepang kami siapkan strategi terbaik. Dari kekuatan bisa kita lihat tadi lawan Amerika (Serikat) mereka ramai,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut, Rionny berpesan kepada skuad untuk menjaga semangat dan keberanian, mental baja harus ditunjukkan para pemain di pertandingan nanti.

“Ubed (Moh Zaki Ubaidillah) itu mental bertanding dan keyakinannya kuat jadi saat masuk dia percaya diri. Dari pemanasan juga tadi saya lihat bagus termasuk Dexter/Wahyu dan Mutiara. Ini yang harus terus dilakukan, juga untuk yang lain,” jelas Rionny.

“Selain itu, saya tekankan bermain bertahan agak riskan dengan gim pendek seperti ini jadi harus menyerang duluan. Beberapa pemain kami coba ubah sedikit polanya untuk tidak bermain pasif,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Indonesia melaju ke semifinal Piala Suhandinata
Baca juga: Indonesia bersiap hadapi laga awal penyisihan

Selain itu, Rionny mengatakan bahwa strategi terbaik adalah memasang andalan di laga-laga awal.

“Memang idealnya adalah memasang andalan-andalan kita untuk tampil di depan jadi poin bisa berjarak dulu tapi tetap belakangnya jangan sampai terkejar, bagaimana cara menjaga selisih poinnya. Tapi itu tergantung hasil coin toss juga kan jadi besok semoga strategi yang kami siapkan bisa berjalan dengan baik,” ujar Rionny.

 


Pewarta : Arnidhya Nur Zhafira
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024