Lombok Tengah (ANTARA) - Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsekal Muda TNI Budhi Achmadi menyampaikan bahwa gelaran Turnamen Terbuka Paralayang Piala Panglima TNI tahun 2024 di bukit Sky Lancing Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menjadi ajang pencarian atlet muda dan berbakat.

"Selain untuk mempererat silaturahmi, kebersamaan dan meningkatkan prestasi serta sportivitas para atlet, prajurit TNI, Polri dan masyarakat, ajang turnamen ini sekaligus bagian dari upaya mencari atlet-atlet baru muda berbakat dalam cabang Paralayang," kata Marsekal Muda TNI Budhi Achmadi di Lombok Tengah, Kamis.

Penyelenggaraan turnamen terbuka yang menjadi rangkaian HUT Ke-79 TNI ini mengangkat tema "TNI Modern Bersama Rakyat, Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju".

Baca juga: Puluhan atlet mengikuti kejuaraan dunia Paralayang di Sky Lancing Lombok

Menurut Pangkoopsud II, tema itu mengandung makna bahwa melalui turnamen terbuka ini akan terbangun prajurit TNI dan rakyat dengan jiwa yang sehat dan tangguh, sehingga tercipta atlet-atlet berprestasi yang dapat mengharumkan nama bangsa di dunia olahraga.

"Oleh karena itu, saya sangat menghargai dan menaruh harapan besar kepada seluruh pengurus olahraga dan satuan di jajaran TNI untuk dapat mengembangkan cabang-cabang olahraga, seperti penyelenggaraan turnamen terbuka Paralayang Piala Panglima TNI ini," ujarnya.

Marsekal Muda TNI Budhi Achmadi turut mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang telah sukses mempersiapkan dan mewujudkan acara turnamen terbuka ini dengan baik.

Begitu juga kepada Ketua Umum KONI Pusat dan pengurus cabang olahraga paralayang mulai tingkat nasional hingga daerah sehingga Turnamen Terbuka Paralayang Piala Panglima TNI Tahun 2024 ini dapat terlaksana.

"Saya berharap kepada para atlet, kiranya dapat mengikuti pertandingan ini dengan sungguh-sungguh. Junjung tinggi sikap 'Kesatria' sebagai olahragawan sejati, sesuai dengan jiwa dan semangat juang, motivasi dan sportivitas," ucap dia.

Baca juga: Sky Lancing sudah siap menjadi lokasi PGAWC 2023

Dia berharap turnamen terbuka ini juga dapat menjadi ajang untuk uji kemampuan, ketangkasan dan keterampilan, serta menempa diri dan membangun integrasi serta solidaritas sesama atlet.

Mewakili seluruh masyarakat NTB Pj. Gubernur NTB Hasanuddin mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah memilih Nusa Tenggara Barat sebagai salah satu lokasi rangkaian penyelenggaraan HUT Ke-79 TNI.

"Sky Lancing ini namanya sudah mendunia, tentu lewat ajang olahraga prestasi yang diselenggarakan TNI tahun ini akan mampu meningkatkan nama baik NTB, terlebih Pulau Lombok dimana Lokasi Sky Lancing ini berada. Semoga dengan kegiatan ini memberikan banyak manfaat kepada masyarakat kami," kata Hasanuddin.

Baca juga: NTB ajak warga dukung PGAWC 2023 di Sky Lancing

Pj. Gubernur NTB turut menyampaikan selamat kepada TNI yang kini telah berusia 79 tahun. Dia berharap dengan bertambahnya usia, TNI akan semakin jaya dan tetap bersama rakyat.

Turnamen terbuka ini berlangsung selama empat hari mulai 17-20 Oktober 2024. Ajang ini diikuti oleh 150 peserta dari berbagai daerah skala nasional.

Turnamen ini melombakan sejumlah kategori, di antaranya kelas TNI-Polri, Kelas Yunior Putri, Kelas Yunior Putra, Kelas Senior Putri dan Kelas Senior Putra.

Baca juga: Atlet 16 negara ikuti Paralayang internasional PGAWC 2023 di Lombok Tengah

Pewarta : Dhimas Budi Pratama
Editor : Abdul Hakim
Copyright © ANTARA 2024