FOSIL PRASEJARAH DITEMUKAN DI SUMSEL

id

Palembang (ANTARA) - Sejumlah fosil kerangka manusia yang diperkirakan dari zaman prasejarah telah ditemukan oleh para peneliti Gua Harimau, Desa Padang Bindu, Kec. Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan (Sumsel) dan kini tengah diteliti.

Para peneliti dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional di Gua Harimau memastikan bahwa mereka menemukuan empat kerangka manusia zaman purba yang ditaksir berusia 3.000-an tahun dengan panjang kerangka masih utuh sekitar dua meter.

Penelitian sebelumnya di daerah itu dilaksanakan pada 2007 dan 2008.

Selain fosil, para peneliti beranggotakan puluhan orang pimpinan Dr. Truman Simanjuntak ini juga menemukan beberapa artefak, di antaranya sejumlah lukisan di dinding gua.  Bupati OKU Yulius Nawawi, membenarkan temuan para peneliti ini.

Bupati OKU menjamin bahwa pihaknya akan mendorong wilayah sekitar penemuan benda bersejarah untuk diteliti dan dikaji lebih lanjut oleh tim nasional demi menjaga dan melindungi situs purbakala itu.

Sebelumnya, sejumlah peneliti melaporkan telah menemukan prasasti yang juga dari zaman prasejarah, di wilayah Kota Pagaralam, Sumsel, wilayah yang selama ini diketahui terdapat sejumlah peninggalan prasejarah yang telah menjadi objek wisata daerah itu. (*)