Pendaftaran SNMPTN dimulai 15 Februari 2021

id LTMPT,pendaftaran mahasiswa baru,SNMPTN,Seleksi Nasional masuk Perguruan Tinggi Negeri,PTN<

Pendaftaran SNMPTN dimulai 15 Februari 2021

Ketua Tim Pelaksana LTMPT Mohammad Nasih di Jakarta, Rabu (15/7). (ANTARA/Indriani)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyatakan pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 dimulai 15 Februari pukul 15.00 WIB hingga 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

“Pendaftaran dilakukan melalui portal LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id,” ujar Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin.

Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN adalah siswa yang sudah memiliki akun LTMPT dan sudah permanen, siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di PDSS.

Tahapan pendaftaran SNMPTN yakni siswa melakukan login di Portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.

Selanjutnya, siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman profil. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang dipilih pada halaman pilihan.
 

Siswa mengisikan portofolio pada halaman portofolio, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka tidak perlu diisikan.

Siswa mengisikan prestasi pada halaman prestasi. Isian prestasi pada halaman ini bersifat tidak wajib.

“Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya.”

Kemudian, siswa melakukan finalisasi pada halaman finalisasi, jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

Pemilihan prodi disarankan tidak lintas minat. Tidak mendaftar menjelang jadwal penutupan atau pada hari terakhir pendaftaran. Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumuman- snmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dapat dilihat di laman PTN penerima.

Sebelum mendaftar harap dibaca terlebih dahulu panduan pendaftaran SNMPTN 2021 (dapat diunduh di web LTMPT) dengan seksama. Siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id.