AU YAMAN SERANG AL-QAEDA, 10 TEWAS

id

     Aden, Yaman (ANTARA) - Angkatan Udara Yaman menyerang tempat persembunyian Al-Qaeda di provinsi bergolak di bagian selatan negeri itu, Abyan, menewaskan sedikitnya 10 gerilyawan dan melukai 20 orang lagi, kata beberapa perwira militer setempat.

     Tiga serangan udara ditujukan ke beberapa tempat persembunyian dan pertemuan gerilyawan di sepanjang daerah Zinjibar, yang dikuasai anggota Al-Qaeda, ibu kota Provinsi Abyan, menewaskan 10 orang dan melukai 20 orang lagi, kata seorang perwira yang tak ingin disebutkan jatidirinya.

     "Serangan udara mengenai beberapa sasaran Al-Qaeda di sepanjang jalan yang menghubungkan Stadion Olah Raga al-Wahda dan kota Zinjibar, sehingga merenggut banyak korban jiwa dan kerusakan terhadap benteng kelompok pelaku teror," katanya.

     "Anggota al-Qaeda melancarkan serangan balasan terhadap Brigade Zeni Ke-25," kata perwira itu kepada Xinhua, yang dipantau ANTARA di Jakarta, Senin.

     "Sejumlah pelaku teror ditangkap oleh personel militer dan banyak senjata serta amunisi mereka juga disita," kata seorang perwira lain.

     Sementara itu, lima anggota senior Al-Qaeda di Jazirah Arab (AQAP) ditangkap oleh petempur suku di Kabupaten Luader, kata kepala suku setempat kepada Xinhua.

     "Lima anggota Al-Qaeda ditangkap oleh petempur suku sewaktu mereka berusaka menerobos ke dalam Kabupaten Luader dan kami menyerahkan mereka kepada tentara yang ditempatkan di wilayah tersebut," kata sumber suku itu.

     Seorang dokter setempat di rumah sakit militer Basuhib di Aden mengatakan tujuh prajurit dirawat di rumah sakit tersebut setelah mereka cedera dalam bentrokan sengit yang meletus Ahad malam (31/7) antara personel militer yang didukung anggota suku yang bersenjata dan anggota Al-Qaeda di Lembah Al-Hassan.

     Abyan, sekitar 480 kilometer di sebelah selatan ibu kota Yaman, Sana`a, telah berada di bawah kendali kuat pemberontak Al-Qaeda di Jazirah Arab sejak mereka menguasai ibu kota provinsi tersebut, Zinjibar, pada penghujung Mei. (*)