Timnas futsal Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2022

id timnas futsal indonesia,piala futsal aff,futsal,ardiansyah runtuboy

Timnas futsal Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF 2022

Ilusterasi Logo Futsal Piala AFF 2022 (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional futsal Indonesia lolos ke semifinal Futsal Piala AFF 2022 setelah menundukkan Kamboja dengan skor 11-2 dalam laga pamungkas mereka di Grup A, yang berlangsung di Stadion Hua Mark, Bangkok, Rabu.

Hasil tersebut membuat Indonesia mengoleksi 10 poin dari empat pertandingan dan untuk sementara memimpin klasemen Grup A.

Namun, posisi Indonesia di klasemen akhir, apakah pertama atau kedua, akan ditentukan dari hasil Thailand melawan Malaysia yang baru bertanding pada pukul 17.00 WIB pada hari yang sama.

Misalnya menang, Thailand-lah yang berhak menguasai puncak klasemen. Andai “Gajah Putih” kalah atau seri, Indonesia akan berstatus nomor satu di Grup A.

Dalam pertandingan melawan Kamboja, Indonesia yang membutuhkan setidak-tidaknya hasil seri untuk melaju ke fase empat besar langsung tancap gas sejak menit pertama.

Hasilnya, Ardiansyah Runtuboy membuat gol cepat untuk membuka keunggulan Indonesia, tetapi dibalas oleh Kamboja pada menit kedelapan lewat sepakan Ros Sirotha.

Skuad “Garuda” kembali unggul melalui Mochammad Iqbal Rahmatullah berkat golnya pada menit ke-12, tetapi babak pertama ditutup dengan kedudukan imbang 2-2 setelah Kamboja mengubah skor via Chanmoy Tong (19').

Usai jeda, Indonesia tampil dengan “beringas”. Syauqi Saud menciptakan trigol hanya dalam tempo satu menit, mulai menit ke-21, dan mengubah skor menjadi 5-2.

Gol kedua Runtuboy dalam pertandingan itu (22’), disusul gol Marvin Alexa (29’), lalu bunuh diri pemain Kamboja Diamant Prum (30’) membuat Indonesia memimpin 8-2.

Selanjutnya, Runtuboy melengkapi koleksi golnya menjadi empat dengan dua kali menjebol gawang lawan (31’ dan 36’) dan “pivot” andalan Indonesia Evan Soumilena memberikan tambahan satu gol (37’) untuk mengunci kemenangan skuad asuhan pelatih asal Iran Mohammad Hashemzadeh dengan skor 11-2.

Nantinya, andai menjadi juara Grup A, Indonesia akan bertanding melawan peringkat kedua Grup B, Vietnam pada Jumat (8/4).

Namun, jika keluar sebagai “runner up” Grup A, Indonesia ditunggu tim terbaik Grup B, Myanmar dalam laga yang juga berlangsung pada hari yang sama.