Teknologi Wakatobi AIS bantu keselamatan nelayan

id keselamatan nelayan,wakatobi ais,kkp

Teknologi Wakatobi AIS bantu keselamatan nelayan

Tim penyelamat Pos SAR Wakatobi saat menyelamatkan seorang nelayan bernama La Gele setelah baling-baling perahu yang digunakan terlepas saat hendak memasang perangkap ikan di perairan Pulau Kapota, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Jumat (4/3/2022) (ANTARA/HO-Humas Basarnas Kendari)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyatakan teknologi perangkat Wakatobi AIS (Wahana Keselamatan dan Pemantauan Objek Berbasis Informasi/Automatic Identification System) membantu meningkatkan keselamatan nelayan.

"Ini sangat bagus, perlu terus dikembangkan, agar fitur-fiturnya, pesan-pesannya dapat semakin membantu kebutuhan nelayan saat berlayar," kata Menteri Trenggono dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Trenggono mengemukakan hal tersebut saat mengunjungi Loka Perekayasa Teknologi Kelautan (LPTK) Wakatobi dan melihat langsung pengoperasian perangkat teknologi pada Rabu (8/6) ini. Dalam kesempatan tersebut Menteri Trenggono juga menyerahkan secara simbolis bantuan Wakatobi AIS sebanyak 10 unit untuk nelayan dan 1 unit untuk Pemerintah Kabupaten Wakatobi.

Dia mengutarakan harapannya agar melalui penyerahan bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas nelayan Wakatobi. “Tentu harapan kami dengan dukungan perangkat dan teknologi ini produktivitas nelayan meningkat, sehingga mereka semakin sejahtera. Ini juga merupakan hal yang positif dalam upaya percepatan penangkapan ikan terukur," ujarnya.