Resep hidangan khas Hong Kong "Mango Sago"

id mango sago,hong kong,mangga sagu,takjil,yuda bustara,jus mangga

Resep hidangan khas Hong Kong "Mango Sago"

Hidangan khas Hong Kong “Mango Sago” (ANTARA/Pamela Sakina)

Jakarta (ANTARA) - Koki Selebritas Yuda Bustara membagikan resep dan tata cara membuat hidangan khas Hong Kong, “Mango Sago” yang menurutnya cocok untuk disantap sebagai takjil saat berbuka puasa. “Orang Hong Kong biasanya menyantap Mango Sago setelah makan dim sum, sebagai hidangan penutup, namun juga cocok untuk jadi menu berbuka puasa,” kata koki yang langganan melancong ke Hong Kong itu pada konferensi pers di Jakarta, Rabu (12/4).
 

Ketika iftar atau berbuka puasa, masyarakat Indonesia sering memilih menu segar yang dapat menyembuhkan dahaga, sehingga hidangan berbahan utama buah mangga ini bisa jadi pilihan Selain rasanya yang menyegarkan dan nikmat, Mango Sago juga bisa jadi pilihan baru, karena masih jarang ditemukan di Indonesia, tidak seperti kudapan khas Thailand, “Mango Sticky Rice” yang sudah banyak di pasaran.

Pada dasarnya, Mango Sago adalah daging buah mangga yang dihaluskan hingga seperti bubur, ditambah taburan mutiara tapioka, potongan buah mangga, dan bulir jeruk pomelo. Rasa asam, manis, dan sedikit gurih dari tambahan santan menjadikan kudapan ini begitu menyegarkan, apa lagi disajikan dalam suhu dingin. “Kuah atau buburnya ini 100 persen murni dari buah mangga yang dihaluskan, jadi bukan sirup atau perisa,” kata dia.

Resep Mango Sago

• 100 gram tapioka mutiara kecil
• 300 gram daging manga
• 200 ml santan
• 25 gram kental manis (atau sesuai selera)
• Jeruk bali sebagai pengganti jeruk pomelo

Cara pembuatan

1. Didihkan panci besar berisi air, masukkan mutiara tapioka dan aduk. Kecilkan api hingga sedikit didih dan masak sagu selama 10 menit. Kemudian matikan api, tutup, dan diamkan selama 10 menit hingga menjadi transparan.

2. Saring dan bilas mutiara tapioka dengan air dingin, biarkan terendam air dingin hingga siap digunakan.

3. Blender potongan mangga, santan, dan kental manis hingga halus, tambahkan atau kurangi kental manis sesuai selera.

4. Tuang campuran mangga ke dalam mangkuk saji besar. Masukkan mutiara tapioka yang sudah disaring dan aduk hingga tercampur, tambahkan es batu jika ingin dingin.

5. Sajikan mangga sagu dalam mangkuk, dan taburkan bulir jeruk bali dan tambahan potongan mangga segar.

Baca juga: Dinkes Lombok Tengah menguji sampel takjil
Baca juga: BP3MI NTB sosialisasikan peluang kerja sambil berbagi takjil