Turnamen basket Mandiri 3X3 Indonesia

id bola basket,basket 3x3,Mandiri 3X3 Indonesia Tournament

Turnamen basket Mandiri 3X3 Indonesia

Mandiri 3X3 Indonesia Tournament (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan bola basket 3X3 khusus usia 18 dan 23 tahun baik putra maupun putri, Mandiri 3X3 Indonesia Tournament, yang diselenggarakan atas kerja sama PT Supersport Sensation (SSS) International dengan PP Perbasi dan didukung Bank Mandiri, kembali digelar di Jakarta untuk kali kedua.

Tahun lalu, seri Jakarta dimulai dengan City Selection pada 17-18 Maret 2022 di GOR Soemantri Brodjonegoro. Sama dengan seri sebelumnya, tahapan pelaksanaan Seri Jakarta kali ini juga akan diawali dengan City Selection.

Tahapan ini akan dilaksanakan pada 27 dan 28 Mei 2023 di GOR Bulungan, Jakarta Selatan. Fase ini untuk mencari 24 klub terbaik. Mereka kemudian bertarung di Province Final yang dilaksanakan pada 4 Juni 2023. Fase Province Final rencananya dilaksanakan di Kota Tua atau di Cilandak Town Square. Province final untuk perebutkan delapan tiket Grand Final. Babak Grand Final adalah pertemuan dari delapan klub terbaik dari masing-masing provinsi.

Selain Jakarta, sebelumnya Mandiri 3X3 Indonesia Tournament dilaksanakan di Jawa Barat dan Jawa Timur. Nantinya, turnamen juga akan digelar di Jawa Tengah-Yogyakarta. "Silakan menghubungi Pengprov DKI Jakarta untuk bisa mengikuti turnamen Seri Jakarta ini. Kesempatan terbuka untuk siapa saja yang masih berusia 18 dan 23 tahun baik putra maupun putri," kata Direktur PT SSS International Azwan Karim dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Project Director Mandiri 3X3 Indonesia Tournament Chaerul Anwar Azis menambahkan bahwa turnamen tersebut memiliki keistimewaan ketimbang kegiatan serupa lainnya. Semua peserta yang mendaftar secara otomatis terdaftar di Play.fiba3x3.com.

Dengan kelebihan ini, para peserta turnamen yang kelak ingin melanjutkan karier sebagai pemain profesional khusus 3X3 langsung bisa main. Ajang apa pun termasuk kegiatan yang terdaftar di FIBA.

"Tujuan kami bekerja sama dengan PP PERBASI memutar turnamen ini memang untuk memperbanyak daftar atlet untuk 3X3. Dengan memperbanyak bank data pemain, tentu akan membantu federasi dalam melakukan scouting untuk tim nasional yang kuat di masa depan," ujar Chaerul.

Baca juga: WTA kembali gelar turnamen di China pada September
Baca juga: Turnamen catur cepat Japfa Ramadan Cup 2023


Chaerul menegaskan bahwa 3X3 Indonesia Tournament memang wadah untuk menciptakan ekosistem 3X3 di masyarakat. Melalui ajang ini, para atlet muda Indonesia mendapatkan menit main yang lebih baik.

Khusus di DKI Jakarta, pendaftaran peserta sudah dibuka dan akan berakhir pada 23 Mei. "Manfaatkan kesempatan ini. Ajang ini bisa mengasah kemampuan dan mematangkan skil. Dengan bertemu atlet dari daerah lain akan membantu atlet muda menambah pengalaman bertanding dan menguatkan mental," kata Chaerul. "Kami yakin, turnamen ini sangat dibutuhkan para atlet muda yang ingin menantang dirinya mengembangkan kemampuannya," imbuhnya.