Rinjani 100 Ultra promosi efektif datangkan turis asing

id BTNGR,Rinjani 100 Ultra,Gunung Rinjani,Pulau Lombok

Rinjani 100 Ultra promosi efektif datangkan turis asing

Seorang wisatawan memandangi Danau Segara Anak di Gunung Rinjani, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. (ANTARA/Riza Fahriza)

Mataram (ANTARA) - Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) Dedy Asriady mengatakan, Rinjani 100 Ultra bisa menjadi sarana promosi efektif dalam upaya mendatangkan turis asing untuk mendaki Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Memang sangat efektif untuk menarik wisatawan luar negeri sebab, penyelenggaraannya berskala internasional, sehingga harapannya semakin banyak kunjungan wisatawan dari luar negeri," kata Dedy Asriady di Mataram, Senin.

Ia mengatakan Rinjani 100 Ultra atau lari lintas alam di Gunung Rinjani sudah digelar selama delapan kali. Pesertanya tidak hanya dari Indonesia, namun dari berbagai negara di kawasan Asia, Afrika, Eropa dan Amerika.

Khusus pada 2023, Dedy menyebutkan lomba tersebut diikuti sebanyak 596 peserta yang berasal dari 34 negara. Kegiatan berlangsung pada 26-28 Mei 2023.

Rinjani 100 Ultra edisi ke-8 terbagi menjadi lima kategori, yakni 162 kilometer (km) cut off time (COT) 50 hours, 119 km COT hours, 75 km COT 25 hours, 36 km COT 16 hours, dan 27 km COT 9 hours.

Penyelenggaraan lomba tersebut melibatkan berbagai pihak terkait, yakni BTNGR, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Lombok Timur, dan pemangku kepentingan lainnya.

"Kami mendukung kegiatan tersebut sejak penyelenggaraan pertama hingga edisi ke-8 yang digelar pada Mei 2023. Kami mendukung karena itu bagian dari upaya promosi keindahan Gunung Rinjani," ujarnya.

Menurut dia, para peserta dari luar negeri yang ikut berlomba tentunya bisa menjadi agen promosi setelah kembali ke negara asalnya. Mereka diharapkan menceritakan berbagai pengalaman menarik tentang keindahan Gunung Rinjani.

Dengan demikian, kata Dedy, akan semakin banyak orang di luar negeri mengetahui Gunung Rinjani dan diharapkan tertarik untuk datang melakukan wisata pendakian.

Semakin banyak turis asing yang melakukan wisata pendakian ke Gunung Rinjani, tentu akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat lingkar kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

"Wisatawan luar negeri yang ke Gunung Rinjani membutuhkan berbagai paket layanan, mereka pakai jasa trekking organizer, porter, guide, transportasi, tempat penginapan dan kebutuhan lainnya. Tentu akan banyak masyarakat lokal menikmati," ucapnya.

Data BTNGR tercatat jumlah wisatawan yang melakukan pendakian Gunung Rinjani periode Maret-Desember 2022 sebanyak 55.348 orang, terdiri atas wisatawan nusantara sebanyak 45.390 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 9.958 orang.

Jumlah pendaki pada 2022 mengalami peningkatan dibandingkan periode April-Desember 2021 sebanyak 39.226 orang, terdiri atas wisatawan nusantara sebanyak 38.785 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 441 orang.