Gorontalo canangkan CFD di Lapangan Taruna Remaja

id CFD,gorontalo,olahraga,ismail pakaya,Tari kolosal Glipang semarakkan HAN di Probolinggo

Gorontalo canangkan CFD di Lapangan Taruna Remaja

Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya (kiri) bersama Kepala KPw Bank Indonesia Gorontalo Dian Nugraha (kanan) pada car free day (CFD) di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Ahad. ANTARA/Adiwinata Solihin

Gorontalo (ANTARA) - Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya mencanangkan car free day (CFD) dan pembagian bendera merah putih di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Minggu.

Pelaksanaan CFD diawali dengan jalan sehat yang diikuti oleh gubernur, unsur forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) dan pejabat instansi vertikal. Ini merupakan CFD pertama yang digelar rutin setiap pekan di Kota Gorontalo setelah sebelumnya dilakukan pada 10 tahun lalu.

"Car free day ini saya sampaikan pada bapak ibu sekalian, adalah ide dan saran dari pak Kapolda Gorontalo. Sudah pernah di lakukan di zaman Wali Kota pak Adhan Dambea, kemudian berhenti dan kita akan mulai lagi pada minggu hari ini," kata Penjagub Ismail.

Dikatakan Staf Ahli Menteri Tenaga Kerja RI itu, CFD diharapkan berdampak pada dua hal yakni kesehatan tubuh dengan olahraga serta perputaran ekonomi masyarakat yang lebih baik. Pelaku UMKM diharapkan punya pasar baru untuk menjual produknya seiring ramainya pengunjung yang hadir.

"Kami sangat berharap UMKM di sekitar di Kota Gorontalo atau dari mana saja bisa mendapatkan pasar yg baru. Terutama bagi masyarakat yang ikut car free day," ujar Ismail.

Jalan di sekitar Lapangan Taruna Remaja hingga perempatan Kantor Wali Kota ditutup untuk umum. Masyarakat berolahraga sesuai dengan minatnya. Ada yang berolahraga lari, bersepeda atau sekadar bersantai bersama keluarga. Halaman rumah jabatan Gubernur juga dibuka untuk umum. Lapangan gateball di depan dimanfaatkan oleh warga untuk bermain pukul bola dengan tongkat itu.

Baca juga: Tim gateball Gorontalo raih dua medali
Baca juga: Wisata hiu paus Bone Bolango optimistis meraih penghargaan ADWI 2023


CFD setiap Minggu pagi mulai pukul 06.00 WITA sd 10.00 WITA akan rutin digelar setiap pekan. Pada pekan depan pelaku UMKM akan dibebaskan berjualan di seputar rute yang dilewati dengan imbauan untuk menjaga kebersihan tempat.