Wisata hiu paus Bone Bolango optimistis meraih penghargaan ADWI 2023

id hiu paus,gorontalo,botubarani,bone bolango

Wisata hiu paus Bone Bolango optimistis meraih penghargaan ADWI 2023

Foto aerial objek wisata hiu paus di Desa Botubarani, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. ANTARA/Adiwinata Solihin

Bone Bolango (ANTARA) - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma optimistis objek wisata hiu paus di Desa Botubarani mampu meraih penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023. "Saya optimis bisa masuk ke dalam tiga besar nasional, paling bagus memang kalau ranking satu," ujar Ishak di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Kamis.

Sekda mengungkapkan pihaknya sudah menerima kunjungan dari tim penilai ADWI di Desa Botubarani, yaitu pembina dewan juri ADWI 2023 Azril Azhari dan anggota dewan juri Putu Ayu Anggraini. "Banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang datang berkunjung ke hiu paus, karena sangat unik dan menarik," ucap Ishak.

Ia mengatakan Desa Botubarani kini sudah ada dua homestay bagi wisatawan yang ingin menginap, sedangkan untuk  perahu sudah ada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Gorontalo yang siap memberikan bantuan.

Atraksi utama dari wisata di Desa Botubarani ucap Ishak yaitu wisatawan dapat melihat hiu paus dari atas perahu, snorkeling hingga scuba diving. Tak hanya itu, kuliner khas Gorontalo juga dapat ditemui disana, mulai dari menu ikan laut hingga kudapan, kata Ishak.

Baca juga: Pembangunan lapak pedagang di wisata Giong Siu selesai
Baca juga: Objek wisata Bantul catat kunjungan 41.423 wisatawan


Sekda mengungkapkan wisata hiu paus di Bone Bolango sangat unik karena berada tidak jauh dari jalan utama dan berada di tepi pantai. Ia menambahkan saran dari tim penilai ADWI bagi objek wisata unggulan itu adalah perlu tambahan sarana pendukung seperti lokasi parkir agar pengunjung lebih nyaman saat datang.