Pertamina menggandeng Kemendag perkuat program UMK Academy

id pertamina,UMK Academy,kemendag,umkm

Pertamina menggandeng Kemendag perkuat program UMK Academy

Ilustrasi - Pelatihan UMKM binaan PT Pertamina (Persero) memasuki pasar ekspor. ANTARA/HO-PT Pertamina (Persero)

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) menggandeng Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas UMKM melalui berbagai pelatihan di program UMK Academy 2023, yang diinisiasi perusahaan.

VP Corporate Communications Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan Pertamina terus mendukung pelaku UMKM masuk ke pasar global.

Menurut dia, kolaborasi Pertamina dengan Kemendag bertujuan menambah ilmu pelaku usaha tentang kegiatan ekspor. Kemendag sebagai fasilitator perdagangan ke pasar mancanegara memiliki tenaga profesional, yang dapat mengenalkan kebutuhan ekspor, serta memiliki jaringan sebagai akses UMKM untuk masuk ke pasar internasional. "Melalui pelatihan dari Kemendag ini, kami berharap para UMKM binaan Pertamina termotivasi untuk menghasilkan produk yang memiliki standar ekspor dan memahami syarat dan cara melakukan ekspor," ujarnya.

UMK Academy 2023 merupakan program Pertamina untuk membina UMKM dengan kurikulumnya adalah Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global. Fadjar menambahkan sinergi dengan Kemendag ditujukan untuk UMKM pada tahap Go Global, yang mana selama enam bulan para UMKM akan mendapat peningkatan kualitas produk dan pemasaran, juga pengetahuan akan pasar ekspor.

Program tersebut, lanjutnya, merupakan komitmen Pertamina mendukung UMKM naik kelas, sesuai dengan semangat Sustainable Development Goals (SDGs) untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta peningkatan tenaga kerja produktif.

Salah satu fasilitator dari Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia, Ekspor, dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kemendag M Andriza berharap melalui pembekalan tersebut, UMKM akan lebih percaya diri dalam meniti pasar internasional.

Baca juga: Pertamina Aceh minta penegak hukum ungkap penjualan LPG oplosan
Baca juga: Parlemen Gorontalo Utara meminta Pertamina periksa kondisi fasilitas SPDN


Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian SDGs. Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan environmental, social, and governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.