PLN Suluttenggo membantu pamerkan produk UMKM lokal

id PLN Suluttenggo, bantu, pamerkan produk, UMKM lokal,Pameran Manado High Street Market 2023

PLN Suluttenggo membantu pamerkan produk UMKM lokal

Pameran Manado High Street Market 2023 yang digelar pada 1-15 Oktober di Atrium Manado Town Square, Jumat (13/10/2023). ANTARA/Nancy L Tigauw.

Manado (ANTARA) - PT PLN (Persero) Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo (Suluttenggo) membantu memamerkan produk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal dalam ajang Manado High Street Market 2023, di Manado.

"Keikutsertaan UMKM dari mitra binaan PLN ini sebagai ajang pemasaran dan memperkenalkan produk-produk unggulan," kata Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo W Gautama, di Manado, Jumat.

Gelaran pameran yang bertemakan “The Biggest Fashion and Culinary Bazaar In Town” ini digagas oleh Indonesia Marketing Association (IMA ) dan berbagai pihak yang memiliki kepedulian terhadap kemajuan UMKM guna memperkuat kewirausahaan para pelaku usaha agar dapat tampil semakin percaya diri dan kompetitif di panggung bisnis.

Dia menegaskan bahwa dukungan PLN diberikan untuk membuat pelaku UMKM semakin berkembang dan naik kelas, salah satunya dengan melibatkan dalam setiap kesempatan promosi seperti dalam pameran Manado High Street Market 2023.

“Hal ini merupakan komitmen PLN untuk membantu UMKM mendapatkan tempat promosi melalui pameran yang menjadi ajang memperkenalkan produk unggulan dari mitra binaan PLN, sehingga bisa dikenal lebih luas dan mampu meningkatkan pendapatan pelaku usaha,” tegas Gautama.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo J A Ari Dartomo menjelaskan bahwa PLN melalui beberapa programnya, terus mendukung segala bentuk kegiatan yang berdampak pada pengembangan mitra binaan untuk meningkatkan produktifitas dan kesinambungan usaha.

“Melalui Program TJSL, PLN mendorong para UMKM untuk mewujudkan kemandirian ekonomi. Hal ini juga sejalan dengan prinsip environmental, social, and governance (ESG) sekaligus menjadi langkah nyata PLN mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan,” jelas Dartomo.

Pameran Manado High Street Market 2023 digelar untuk memberikan kesempatan bagi wirausaha muda pelaku ekonomi kreatif dalam memperkenalkan produk dan kreatifitas mereka kepada masyarakat luas. Pameran Manado High Street Market 2023 dikemas dalam event expo yang terdiri dari bazar kuliner, fashion, handycraft, talent show, content creator competition, music perform dan agenda lainnya.

Para mitra binaan PLN yang turut meramaikan pameran tersebut, di antaranya UMK Indry, Baciraro, Kopi Pipikoro, Amana Yutaka, Marijo Smokol, Kue Katang-Katang, Kanela, Pia Manado, PG dan UD Trikora.

Agenda tahunan ini diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi dan memberi manfaat nyata bagi para pelaku usaha dalam rangka menumbuhkembangkan, memperkuat dan mempertahankan keberlangsungan bisnisnya.

Baca juga: Mendag meminta pedagang pasar tingkatkan kemampuan berjualan daring
Baca juga: Medan perluas pasar menguatkan daya saing UMKM


Di sisi lain, kata dia, pameran ini juga sekaligus memberikan kesempatan luas untuk mempromosikan produk lokal, dan memperluas jaringan bisnis dengan berbagai pihak. Untuk kemudahan layanan, kata Dartomo, masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh melalui Playstore atau Appstore. Pada aplikasi ini juga terdapat fitur Marketplace yang menyediakan produk-produk UMKM lokal yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Dengan PLN Mobile, semua makin mudah. Pameran Manado High Street Market 2023 yang digelar pada 1-15 Oktober di Atrium Manado Town Square.