RSUD Kota Mataram turunkan tim PSC patroli pantau potensi bencana

id RSUD patroli,Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat,Mataram,RSUD,NTB,Nusa Tenggara Bar

RSUD Kota Mataram turunkan tim PSC patroli pantau potensi bencana

Salah satu mobil ambulans milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. ANTARA/Nirkomala.

Mataram (ANTARA) - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram Provinsi Nusa Tenggara Barat menurunkan tim PSC (public safety center) untuk melakukan patroli dan memantau kondisi wilayah kota sebagai antisipasi potensi bencana serta gangguan kesehatan masyarakat dampak cuaca ekstrem.

"Dengan menggunakan mobil ambulans, tim PSC kami ini rutin patroli sebagai antisipasi potensi bencana serta gangguan kesehatan masyarakat dampak cuaca ekstrem dan menyambut Tahun Baru 2024," kata Direktur RSUD Kota Mataram dr Hj NK Eka Nurhayati di Mataram, Jumat.

Dia menjelaskan, selama cuaca ekstrem kegiatan patroli ditingkatkan pada sejumlah titik rawan bencana, seperti di kawasan pinggir sungai dan pesisir pantai terlebih saat libur Tahun Baru 2024, sebab pantai akan menjadi tujuan utama masyarakat berlibur.

"Dengan demikian ketika ada potensi bencana, tim kami sudah ada di sekitar wilayah tersebut untuk memberikan pertolongan pertama," katanya.

Menurutnya, selama ini kegiatan patroli dilakukan secara rutin dan terjadwal dengan menggunakan mobil ambulans tanpa membawa pasien, sekaligus sebagai bagian dari promosi keberadaan tim PSC 119.

"Kendati tim kami tidak terlibat dalam posko pengamanan Tahun Baru 2024, kami tetap melakukan patroli di kawasan objek wisata," katanya.

Pada sisi lain, lanjut Eka, sebagai bagian layanan kepada para wisatawan yang libur Tahun Baru 2024, pihaknya juga telah bekerja sama dengan pihak hotel dengan membagi-bagi brosur.

"Pada brosur itu kita menyiapkan layanan kepada penghuni hotel yang mengalami gangguan kesehatan melalui tim PSC 119," katanya.

Baca juga: Kejari Sumbawa tangani kasus dugaan korupsi Rp1,1 miliar pengadaan alkes RSUD
Baca juga: RSUD Mataram tak berlakukan skrining COVID-19 bagi pasien


Sementara untuk persiapan tim medis di RSUD Kota Mataram saat tahun baru, sudah disiapkan di IGD dengan berbagai sarana dan prasarana yang memadai.

"Biasanya pada tahun baru potensi kecelakaan lalu lintas tinggi, jadi semua dokter kita siagakan. Artinya, mereka harus siap ketika dibutuhkan untuk penanganan di IGD," katanya.