KemenKopUKM beri pelatihan perajin kulit Garut

id Kulit Garut,UMKM,Kemenkop UKM

KemenKopUKM beri pelatihan perajin kulit Garut

Menteri Koperasi dan Usaha Mikro Kecil (Menkop UKM) Teten Masduki meninjau perajin kulit di Rumah Produksi Bersama Komoditas Kulit bekas Gedung PKL Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (17/2/2024). (ANTARA/Feri Purnama)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KemenKopUKM) melaksanakan pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) kepada para perajin kulit sebagai upaya mendorong daya saing produk kerajinan kulit kepada anggota Koperasi Kulit Artisan Indonesia di Garut, Jawa Barat.

Dalam bimtek yang dilaksanakan di Garut pada 19-21 Mei tersebut, Asisten Deputi Pengembangan SDM Perkoperasian KemenKopUKM Nasrun Siagian dalam siaran persnya diterima di Jakarta, Minggu, menekankan pentingnya berkoperasi dalam upaya memenangi persaingan.

"Wadah yang tepat untuk berjamaah dalam ekonomi bisnis adalah koperasi, karena kalau sendiri-sendiri tidak akan mampu bersaing dengan perusahaan besar yang sudah mapan, baik dari sisi permodalan pasar, desain, infrastruktur, peralatan mesin-mesin modern, hingga promosi," ujar Nasrun saat membuka acara tersebut, Minggu.

Sebagai wujud kehadiran pemerintah dalam upaya menggenjot daya saing pelaku UKM dan koperasi khususnya bagi perajin kulit di Garut, Kemenkop UKM telah membangun rumah produksi bersama (RPB) kulit.

Dia meminta agar fasilitas di dalam RPB ini dapat dimanfaatkan secara maksimal, dengan disertai peningkatan kualitas SDM yang unggul.

Dia berharap dengan adanya RPB ini, produksi tas, jaket, dompet, sepatu, dan aksesoris yang terbuat dari kulit Garut ini dapat meningkat dan dapat terus bersaing di pasar. Dia optimistis dengan keberadaan SDM yang unggul, kerajinan kulit di Garut bisa menjadi primadona di masa mendatang.

"Peralatan yang modern tidak akan berarti apa-apa dan akan menjadi etalase atau pajangan saja kalau tidak dipersiapkan oleh SDM yang akan mengoperasikannya," kata Nasrun.

Nasrun juga meminta dukungan dari pemerintah daerah Garut untuk terus melakukan pendampingan dan fasilitasi kepada pelaku UMKM dan koperasi agar keberadaan RPB kulit ini berdampak positif terhadap peningkatan perekonomian.

Baca juga: Kemenkop UKM siapkan bangun pabrik nilam skala menengah
Baca juga: Kemenkop UKM mendorong inklusi keuangan UMKM lewat forum APEC


Pada kesempatan yang sama, Ketua Koperasi Artisan Indonesia Popie Darsono memberikan apresiasi kepada Kemenkop UKM yang telah memberikan fasilitasi berupa bintek hingga dukungan dalam pembangunan RPB.

Bimtek ini menghadirkan desainer ternama asal Prancis, yaitu Cristian yang juga merupakan desainer tas Hermes.

"Kita harus dapat menampilkan dan mempromosikan Garut menjadi Parisnya Indonesia di bidang produk bahan kulit, tas, sepatu, jaket, dan berbagai aksesoris lainnya," kata Poppie.