NTB siap jadi tujuan wisata keluarga dunia

id NTB,Pemprov NTB,NTB Tujuan Wisata Keluarga Dunia,Pariwisata NTB,Festival Olahraga Masyarakat Nasional

NTB siap jadi tujuan wisata keluarga dunia

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Tri Budi Prayitno. ANTARA/Nur Imansyah

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan kesiapan menjadi tujuan wisata keluarga dunia seiring daerah itu akan menjadi tuan rumah Festival Olahraga Masyarakat Nasional (FORNAS) VIII tahun 2025.

"Sebagai tuan rumah FORNAS 2025, Pemerintah Provinsi NTB terus melakukan berbagai persiapan. Tidak hanya untuk menggelar FORNAS yang lebih baik lagi, tetapi juga untuk mempersiapkan NTB menjadi tujuan wisata keluarga berkelas dunia melalui penyelenggaraan salah satu pesta olahraga masyarakat tersebut," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTB, Tri Budi Prayitno, saat rapat virtual dengan Ketua Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) Pusat, Hayono Isman, dari Mataram, Senin.

Ia mengatakan saat ini Pemprov NTB terus mengoptimalkan kesiapan menjadi tuan rumah FORNAS VIII 2025 mendatang, tidak saja dari segi fasilitas sarana dan prasaran, namun juga jumlah dan kualitas Induk Organisasi Olahraga (Inorga) yang ada di NTB.

"Hingga saat ini, Inorga di NTB baru sebanyak 58. Memang masih belum sebanyak Inorga Nasional tetapi terus bertambah dibandingkan tahun kemarin," terangnya.

"Kami melakukan berbagai persiapan. Kami mempersiapkan berbagai venue dengan matang. Alhamdulillah kami juga sudah berkonsolidasi dengan KORMI dan kami juga sudah bertemu Inorga di NTB," sambung Tri Budi.

Kadispora NTB juga memaparkan bahwa Pemprov NTB siap meluncurkan FORNAS 2025 pada bulan Juli mendatang. Pemprov NTB bahkan akan mengadakan PORDA 2024 sebagai pemanasan sebelum menggelar FORNAS di 2025.

Baca juga: Ketua DPRD meluncurkan buku jalan baru pariwisata Lombok Barat
Baca juga: Indonesia perlu masifkan promosi agar jadi pusat wisata halal


Ketua KORMI Pusat, Hayono Isman, mengungkapkan karena FORNAS di NTB pertama kali, akan sangat erat bergandengan tangan dengan pariwisata. Apalagi ada jaringan internasional, di mana pegiat luar negeri juga akan turut memeriahkan FORNAS 2025.

"Formas NTB 2025 harus kita jadikan tujuan wisata keluarga dalam dan luar negeri," katanya.