Libur Idul Adha, 88 persen kursi kereta api telah terisi

id Idul Adha ,Libur Idul adha ,Libur Idul adha 2024,Menteri Perhubungan ,Menhub ,Budi Karya Sumadi ,Kereta api

Libur Idul Adha, 88 persen kursi kereta api telah terisi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan keterangan kepada awak media di Stasiun Tegal, Jawa Tengah pada Sabtu (15/6/2024). ANTARA/Aji Cakti

Tegal, Jawa Tengah (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan 88 persen dari total 923 ribu tempat duduk kereta api telah terisi per 15 Juni pada periode libur panjang Idul Adha.

Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa apa yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI sangat baik, jadi sudah dipantau bahwa ada beberapa tempat yang menjadi tujuan favorit masyarakat seperti Jakarta - Surabaya, Jakarta - Yogyakarta, Jakarta - Solo, Jakarta - Bandung atau sebaliknya sehingga jurusan-jurusan yang favorit ditambah 20 persen.Baca juga: KAI Daop 1 sediakan delapan kereta api tambahan

"Hari ini Sabtu (15/6) Kementerian Perhubungan, saya bersama PT KAI meninjau beberapa tempat dalam rangka memantau pergerakan daripada liburan panjang dalam rangka Idul Adha. Dari pantauan kita, sampai sekarang kita menyediakan sebanyak 923 ribu kursi dan terisi 88 persen. Dan untuk tujuan-tujuan favorit penuh semuanya," ujarnya di Tegal, Jawa Tengah.

Menhub memberikan apresiasi kepada PT KAI terkait hal tersebut.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo menyampaikan bahwa animo masyarakat dalam menggunakan transportasi kereta api terpantau tinggi pada periode Libur Idul Adha 2024.

"Melengkapi keterangan Menteri Perhubungan bahwa saya berterima kasih kepada bapak Menteri Perhubungan karena telah bersama-sama memantau musim liburan selama lima hari dari tanggal 14 Juni sampai dengan 18 Juni. Menteri Perhubungan tadi menyampaikan bahwa kapasitas yang kita operasikan sebanyak 923 ribu tempat duduk, dan sampai dengan tanggal 15 Juni telah laku terjual 810 ribu atau 88 persen. Artinya animo masyarakat tinggi," ujar Didiek.

Baca juga: KAI tambah 18 KA antisipasi lonjakan penumpang liburan Idul Adha

KAI melakukan pengoperasian 1.849 perjalanan yang KAI operasikan selama lima hari, sehingga rata-rata 370 perjalanan per kereta api per hari.

"Itu ada penambahan 30 perjalanan setiap hari, jadi ini merupakan antisipasi PT KAI di dalam memberikan transportasi yang terbaik bagi masyarakat selama liburan Idul Adha ini," kata Didiek.

Dia berharap kereta api dapat tetap menjadi pilihan transportasi massal bagi masyarakat .

"Harapan kami transportasi massal dengan kereta api menjadi pilihan masyarakat untuk bertransportasi. Kita menjamin keselamatan dan ketepatan waktu," katanya.

Baca juga: Sebanyak 16.758 penumpang gunakan kereta api menjelang libur panjang