Heru nilai LPS Monas Half Marathon berikan perputaran ekonomi UMKM

id LPS Monas Half Marathon 2024,LPS Monas Half Marathon,Heru Budi,Marathon Indonesia,marathon,atletik

Heru nilai LPS Monas Half Marathon berikan perputaran ekonomi UMKM

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi seusai dalam konferensi pers LPS Half Marathon 2024 di Jakarta, Jumat (28/06/2024). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)

Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi menilai kejuaraan LPS Monas Half Marathon 2024 mampu memberi dampak pada perputaran ekonomi terutama pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jakarta.

LPS Monas Half Marathon 2024 mengangkat tema "Reconnect for Change" akan meliputi race pack collection di Dome, Senayan Park, Jakarta pada Jumat (28/6) hingga Sabtu (29/6). Pada Sabtu (29/6) juga diselenggarakan Run the City Jakarta dengan start dan finis di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta.

"Ke depan hotel-hotel di sekitar tempat acara yang pasti meningkat, yang utama pasti kita membangkitkan UMKM. Jadi para peserta 5.000 separuhnya saja berbelanja di UMKM sudah terjadi perbaikan ekonomi itu intinya," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi kepada pewarta di Jakarta, Jumat.

Heru menyebut LPS Monas Half Marathon 2024 menjadi ajang yang memperkenalkan Kota Jakarta sebagai kawasan yang ramah dan aman bagi para pelari dengan diberikannya sejumlah akses penjagaan.

Di edisi kedua dari ajang yang telah berlangsung sejak 2023 ini, jumlah peserta juga tak kalah dengan edisi sebelumnya. Pada tahun ini kejuaraan diikuti 5.000 pelari termasuk 180 pelari elit yang berasal dari 21 negara termasuk Indonesia dan sebagian dari Kenya, Jepang, Belgia, dan China.

Pihak penyelenggara telah mempersiapkan rute yang steril dan transportasi publik yang mudah diakses untuk para peserta menuju lokasi acara. Selain itu terdapat sistem teknis tambahan yakni sistem crossing pejalan kaki yang memudahkan rute marathon bisa tetap steril.

Baca juga: LPS segera bayar simpanan nasabah BPR Bali Artha Anugrah
Baca juga: LPS dukung BPR "go public" menuju pengelolaan semakin transparan


“Persiapan teknis rute sudah matang dan kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk transportasi publik dan sistem crossing pejalan kaki untuk rute yang steril telah dilakukan," kata Pemimpin Redaksi Harian Kompas Sutta Dharmasaputra selaku penyelenggara. LPS Monas Half Marathon 2024 memiliki total hadiah sebesar Rp1 miliar yang akan diperebutkan oleh para pelari.

"Pada penyelenggaraan kali ini, LPS Monas Half Marathon akan menambah nilai hadiah untuk para pelari yang berhasil memenangkan podium dengan total nilai Rp1 miliar. Dengan adanya tambahan nilai hadiah, diharapkan meningkatkan antusiasme dan rasa kompetitif para pelari yang ikut LPS Monas Half Marathon 2024," ujar Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa.