Jamaah haji Kota Bima NTB sudah tiba di Indonesia

id Jamaah haji ,Bandara Lombok ,NTB,Bima ,Kota Bima

Jamaah haji Kota Bima NTB sudah tiba di Indonesia

Keluarga jamaah haji NTB saat melakukan penjemputan di asrama haji Mataram, Selasa (02/07/2024) (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Mataram (ANTARA) - Jamaah haji asal Kota Bima yang masuk dalam kelompok terbang (Kloter) 8 Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tiba di Tanah Air melalui Embarkasi Bandara Internasional Lombok.

"Jumlah jamaah haji Kota Bima tiba hari ini sebanyak 393 orang," kata Humas Bandara Lombok Arif Haryanto di Lombok Tengah, Selasa.

Jamaah haji kloter 8 Nusa Tenggara Barat ini diterbangkan menggunakan Pesawat Garuda Indonesia dari Jeddah, Arab Saudi langsung menuju Bandara Lombok.

"Pelayanan kepulangan jamaah haji ini berjalan aman dan lancar," katanya.

Sementara itu, jamaah haji asal NTB yang telah tiba di Tanah Air sebelumnya di antaranya jamaah haji kloter 1 Kota Mataram, kloter 2 Kabupaten Lombok Tengah, kloter 3 Kabupaten Lombok Barat, kloter 4 Kabupaten Lombok Timur dan kloter 5 Kabupaten Lombok Tengah.

Kemudian jamaah haji kloter 6 atau campuran (Kabupaten Sumbawa, Sumbawa Barat dan Kabupaten Lombok Timur), jamaah haji kloter 7 atau campuran ( Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat).

"Total jamaah haji NTB yang telah tiba di tanah itu 3.143 orang haji dari 4.837 orang haji yang telah melaksanakan ibadah haji di 2024," katanya.

Ia mengatakan jadwal kepulangan jamaah haji Embarkasi Lombok itu telah mulai sejak tanggal 22 Juni hingga 9 Juli 2024 mendatang.

Jamaah haji ini dibawa menggunakan pesawat Garuda Indonesia dari Arab Saudi langsung menuju Bandara Lombok, setelah itu mereka dibawa menggunakan bus menuju asrama haji Mataram.

Baca juga: Timwas minta evaluasi konsumsi imbas jamaah haji alami diare
Baca juga: Kebijakan murur mampu tekan angka jamaah sakit

"Lokasi penjemputan jamaah haji oleh keluarga dilakukan di Asrama haji Mataram," katanya.

Pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Embarkasi Lombok ini terbagi menjadi 13 kelompok terbang baik itu kloter utuh maupun campuran.

Sementara itu, jumlah jamaah haji asal NTB yang meninggal dunia di tanah suci Makkah, Arab Saudi itu sebanyak tiga orang yang berasal dari Kabupaten Lombok Tengah dan Kabupaten Lombok Timur.