Liga 2 Indonesia dibuka 7 September

id Liga 2 Indonesia 2024/2025,Erick Thohir,Ferry Paulus,Persibo vs Gresik United

Liga 2 Indonesia dibuka 7 September

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir (tengah) dan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus (kanan) berpose pada acara jumpa pers Liga 2 Indonesia 2024/2025 di Pegadaian Tower, Jakarta, Selasa (3/9/2024). (ANTARA/Zaro Ezza Syachniar)

Jakarta (ANTARA) - Liga 2 Indonesia musim 2024/2025 resmi dibuka Sabtu pekan ini dengan derby Jawa Timur antara tim promosi Persibo Bojonegoro melawan Gresik United di Stadion Letjend Haji Soedirman, Ngroworejo, Bojonegoro.

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru  Ferry Paulus mengatakan Persibo dan Gresik dipilih sebagai laga pembuka karena kedua klub mempunyai basis suporter banyak dan fanatik.

Persibo juga dipilih sebagai tuan rumah pembukaan liga yang kembali mendapatkan sponsor utama dari Pegadaian itu karena klub kebanggaan Boromania tersebut memiliki stadion dengan fasilitas baik.

"Pembukaan ini memang kendala ya. Kendalanya adalah stadion-stadion yang digunakan ini minim fasilitas. Kemudian Liga 2 ini kita butuh sekali exposure penonton dan penonton yang bisa dibilang crowdnya lumayan ya terbatas. Akhirnya kita putuskan ke Persibo melawan Gersik United," kata Ferry pada jumpa pers di Pegadaian Tower, Jakarta, Selasa.

Musim ini, Liga 2 akan diikuti 26 tim, berkurang dua tim dari musim sebelumnya yang sebanyak 28 tim.

Tim-tim itu dibagi ke dalam tiga grub. Grup 1 dan 2 dihuni masing-masing sembilan tim, sedangkan Grup 3 diisi delapan tim.



Tiga tim dari Grup 1 dan Grup 2 ditambah dua tim dari Grup 3 akan maju ke babak delapan besar yang tiga di antaranya akan  promosi ke Liga 1.

Enam klub dari tiga grup yang berjumlah 18 klub yang tak lolos ke delapan besar, akan memainkan playoff degradasi. 

Babak ini akan dibagi menjadi tiga grup dengan masing-masing berisi enam tim, dengan tiga peringkat terbawah masing-masing grup akan degradasi ke Liga 3.

"Tetap double round robin, tapi ada 8 besar dan 18 ke bawah. Yang 8 besar itu juga lebih kompetitif karena yang lolos tiga. Peringkat 1 langsung promosi, runner-up play-off untuk mendapatkan satu slot lagi," jelasnya.

"Yang di bawah juga gitu. Total 18 tim itu kita bagi tiga grup (enam tim). Itu yang paling bawah tiga-tiganya langsung out," tambahnya.

Ferry mengatakan format kompetisi ini akan berjalan lebih kompetitif dengan banyak pertandingan.

Baca juga: Lefundes senang Persita Tangerang torehkan dua kemenangan

"Musim ini pertandingan kita meningkat sekitar hampir 20 persen. Jadi hampir 291 pertandingan, dengan jumlah tim yang lebih sedikit dibanding musim lalu," jelas Ferry.

Liga 2 musim ini akan menggunakan tiga pemain asing, meningkat satu dari musim sebelumnya. Untuk regulasi pemain muda, tim-tim musim ini wajib minimal mendaftarkan lima pemain muda U-21 dengan ketentuan 90 menit bermain.

"Bisa tiga main dengan masing-masing 30 menit, bisa juga semuanya main dengan empat pemain 20 menit dan satu pemain 10 menit," jelasnya.

Baca juga: Pelatih Persib Bojan Hodak waspadai status juara Piala Presiden 2024

Pegadaian sebagai sponsor utama Liga 2 musim ini juga menerapkan komitmen TJSL atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan.

"Jadi setiap ada event, bukan hanya nonton sepak bola tapi kita ada pohon-pohon yang ditanam," kata Ferry. "Bukan hanya sepak bolanya baik, tapi lingkungannya juga bersih."

Liga 2 musim ini digelar dari 7 September sampai 25 Februari 2025 atau sebelum memasuki bulan Ramadhan.