Rizky Ridho absen saat Persija hadapi PSBS Biak

id carlos pena,liga 1 indonesia,psbs biak

Rizky Ridho absen saat Persija hadapi PSBS Biak

Penyerang Persija Jakarta Gustavo Almeida (kiri) dan pelatih Persija Jakarta Carlos Pena (tengah) menghadiri konferensi pers setelah pertandingan Liga 1 melawan Barito Putera di Jakarta International Stadium, Jakarta, Sabtu (10/8/2024). ANTARA/Rauf Adipati/am.

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Persija Carlos Pena mengatakan bek skuadnya Rizky Ridho kemungkinan besar absen saat tim berjuluk "Macan Kemayoran" menghadapi PSBS Biak pada laga lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (12/9).

"Rizky Ridho bermain sekitar 100 menit dengan tim nasional Indonesia kemarin melawan Australia di laga yang ketat. Kalau saya tetap menurunkannya besok, dia berisiko cedera," ujar Pena, dikutip dari keterangan Persija di Jakarta, Rabu.

Menurut pelatih berusia 41 tahun itu, Ridho memerlukan pemulihan fisik sebelum kembali memperkuat Persija di Liga 1.

Sementara terkait pengganti Ridho jika memang tidak bermain, Pena menyebut bahwa Persija memiliki pemain bertahan yang siap tampil.

"Saya memiliki banyak alternatif pemain. Lihat saja besok," kata dia.

Sementara untuk dua pemain Persija lainnya yang ada di timnas Indonesia yakni Witan Sulaeman dan Ferarri, Pena menyebut masih akan memantau kondisi mereka. Ferarri sendiri tidak diturunkan pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong saat melawan Australia, sementara Witan baru dimasukkan pada babak kedua.

"Untuk Witan, dia berlaga selama sekitar 45 menit kemarin. Jadi saya pikir dia memiliki waktu untuk memulihkan diri sehingga saya bisa menurunkannya entah itu sejak awal atau dari bangku cadangan. Kalau Ferarri, saya akan memutuskannya besok," kata Pena.

Meski demikian, Carlos Pena meminta suporter tidak khawatir soal siapa pemain yang akan berlaga kontra PSBS. Sebab, semua pemain Persija disebutnya memiliki mentalitas bertanding untuk merebut hasil terbaik.

"Para pemain siap berlaga besok," ujar dia.

Bek Persija Rizky Ridho selalu dipercaya pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong untuk bermain pada dua laga Grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bulan September 2024 yakni menghadapi tuan rumah Arab Saudi dan Australia.

Saat melawan Arab Saudi di Jeddah, Kamis (5/9), Rizky Ridho berlaga selama 80 menit. Ketika menghadapi Australia di Jakarta, Selasa (10/9), bek berusia 22 tahun itu bermain sejak awal laga tanpa digantikan.

Baca juga: Sambutan fan Indonesia jadi memori indah
Baca juga: Liga 2 Indonesia dibuka 7 September

Adapun Witan Sulaeman berlaga selama 59 menit saat bersua Arab Saudi dan 45 menit kala melawan Australia. Lalu Muhammad Ferarri berlaga 10 menit ketika berjumpa Arab Saudi dan tidak diturunkan saat kontra Australia.

Di Liga 1 Indonesia 2024-2025, Persija menduduki peringkat ketiga klasemen sementara dengan koleksi tujuh poin. PSBS ada di posisi ke-16 dengan nol poin dari tiga laga.