Laksanakan SDG's pendidikan berkualitas, PLN NTB bangun Sekolah Alam Terara

id PLN,NTB,Sekolah Alam Terara,Lombok Timur

Laksanakan SDG's pendidikan berkualitas, PLN NTB bangun Sekolah Alam Terara

Pimpinan LEIC, Siti Aisyah, bekerja sama dengan PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB, membangun Sekolah Alam Terara, di Kabupaten Lombok Timur. (ANTARA/HO-PLN)

Lombok Timur (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat melalui PT PLN UP2D NTB dalam upaya melaksanakan SDG’s keempat tentang pendidikan berkualitas, bekerja sama dengan Lombok Eco International Connection (LEIC) membangun Sekolah Alam Terara di Kabupaten Lombok Timur melalui  program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Peletakan batu pertama pembangunan Sekolah Alam Terara ini telah dimulai sejak 13 Agustus 2024 dan sampai saat ini telah mencapai 30 persen.

Di dalam upaya menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua, PLN terus mengembangkan pembangunan sekolah alam.

Sekolah Alam Terara ini merupakan sekolah alam ketiga yang telah dibangun oleh PLN, menyusul Eco School Nusantara (ESN) di Kabupaten Lombok Tengah, dan Amani Eco School di Kabupaten Lombok Barat.

Pada identifikasi permasalahan penyelenggaraan urusan pemerintah daerah dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Lombok Timur, terpetakan beberapa potensi permasalahan pada urusan pendidikan, di antaranya fasilitas atau sarana dan prasarana penunjang pendidikan belum optimal, serta masih terdapat penduduk usia 15 tahun ke atas yang belum melek huruf atau masih buta huruf.

"Kami sangat antusias dengan pembangunan Sekolah Alam Terara ini. Kegiatan ini merupakan wujud komitmen PLN dalam mendukung program pemberdayaan masyarakat, khususnya untuk kelompok usia senja di Dusun Samang," kata Manager PLN UP2D, Agus Riyadi.

Pimpinan LEIC, Siti Aisyah mengucapkan terima kasih kepada PLN atas dukungan dan kerja samanya dalam mewujudkan Sekolah Alam Terara. Proyek tersebut diperkirakan akan rampung pada November 2024.

"Sekolah Alam Terara diharapkan dapat menjadi pusat kegiatan belajar dan berkreasi bagi warga lanjut usia di Dusun Samang," ujarnya.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo menegaskan kembali komitmennya.

Baca juga: PLN NTB aliri listrik bandara khusus PT Amman Mineral di Sumbawa Barat
Baca juga: Pemkab Lombok Tengah tingkatkan pendapatan daerah dari pajak listrik


PLN sebagai BUMN, kata dia, tidak hanya diberikan tugas oleh pemerintah untuk melistriki nusantara, namun juga diberikan tugas untuk membangun masyarakat dan perekonomiannya.

"Inilah yang menjadi dasar bagi PLN untuk peduli terhadap pembangunan masyarakat sekitar," ujarnya.

Dengan bertumbuh dan berdaya masyarakat suatu daerah, maka akan memicu roda perekonomian yang akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Melalui program TJSL ini, PLN berharap dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di sana," kata Sudjarwo.