Tim Leverkusen ditahan imbang tim promosi

id Borussia Dortmund,Union Berlin,Bayer Leverkusen,Holstein Kiel,Liga Jerman

Tim Leverkusen ditahan imbang tim promosi

Penyerang Jerman Dortmund #27 Karim Adeyemi merayakan mencetak gol kedua timnya 2:1 selama pertandingan sepak bola Liga Champions UEFA antara Borussia Dortmund dan Celtic di Dortmund, Jerman barat pada Selasa (1/10/2024). (ANTARA/AFP/Ina Fassbender)

Jakarta (ANTARA) - Borussia Dortmund ditekuk 1-2 oleh Union Berlin, sedangkan Bayer Leverkusen ditahan imbang tim promosi Holstein Kiel pada pertandingan Liga Jerman, Sabtu.

Dortmund takluk dari tuan rumah Union Berlin ketika bertanding di Stadion Alte Forsterei, Berlin, demikian catatan Bundesliga. Hasil ini membuat Dortmund turun ke peringkat tujuh klasemen Liga Jerman dengan 10 poin dari enam laga, sedangkan Union Berlin naik ke posisi enam dengan 11 poin.

Kekalahan Dortmund hadir akibat dua gol Union yang dicetak oleh Kevin Vogt dan Yorbe Vertessen, meski sempat memperkecil ketertinggalan melalui Julian Ryerson. Union Berlin mendapatkan peluang emas terlebih dahulu setelah diberi hadiah penalti oleh wasit karena Benedict Hollerbach dilanggar Nico Schlotterbeck di kotak terlarang.

Kevin Vogt yang maju sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya setelah tendangannya tak dapat dijangkau oleh kiper Dortmund Gregor Kobel guna mengubah kedudukan menjadi 1-0 pada menit ke-26.

Baca juga: Pelatih Sahin sebut kemenangan atas Celtic tingkatkan moral anak asuhnya

Union Berlin menggandakan keunggulan pada menit ke-45 setelah tendangan Yorbe Vertessen dari luar kotak penalti tak dapat dihalau oleh Kobel. Dortmund memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit ke-62 setelah umpan Julian Brandt dikonversikan menjadi gol oleh Julian Ryerson. 

Sementara itu, juara Liga Jerman musim lalu Bayer Leverkusen dipaksa seri 2-2 oleh tim promosi Holstein Kiel di Stadion BayArena, Leverkusen. Leverkusen tberhasil menciptakan gol cepat lewat Victor Boniface dan Jonas Hofmann, namun Holstein Kiel menyamakan kedudukan berkat Max Geschwill serta Jann-Fiete Arp.

Baca juga: Tim Leipzig pesta empat gol tanpa balas atas Augsburg

Hasil ini membuat Bayer Leverkusen masih tertahan pada peringkat kelima klasemen Liga Jerman dengan 11 poin dari enam pertandingan, sedangkan Holstein Kiel masih menempati posisi ke-17 dengan dua poin.

Berikut hasil Liga Jerman, Sabtu:

Ausgburg 2 - 1 Monchengladbach

Werder Bremen 0 - 1 SC Freiburg

Union Berlin 2 - 1 Borussia Dortmund

VFL Bochum 1 - 3 Wolfsburg

Bayer Leverkusen 2 - 2 Holstein Kiel.