Iran cukur Yaman lima gol tanpa balas

id Iran Yaman

Iran cukur Yaman lima gol tanpa balas

Para pemain Iran merayakan gol yang tercipta ke gawang Yaman dalam pertandingan Piala Asia yang berlangsung pada Senin (7/1/2019). (twitter.com/afcasiancup)

Mataram (Antaranews NTB) - Iran mencukur lawannya Yaman dalam pertandingan pertama mereka di Grup D Piala Asia 2019, di mana mereka menang dengan skor 5-0 dalam laga yang dimainkan di Stadion Mohammad bin Zayed, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada Selasa dini hari WIB.

Mehdi Taremi membuka keunggulan Iran pada menit ke-12, kemudian Saoud Al Sowadi memasukkan bola ke gawangnya sendiri pada menit ke-23, Taremi mengemas gol kedua untuk timnya pada menit ke-25, dan dua gol terakhir disumbangkan oleh Sardar Azmoun pada menit ke-53 dan gol Saman Ghoddos pada menit ke-78, demikian catatan pertandingan di laman resmi AFC.

Dengan hasil positif ini, Iran memuncaki klasemen grup dengan tiga poin, sedangkan Yaman berada di posisi juru kunci dengan nol poin.

Yaman mencoba menggebrak sejak awal dan memiliki peluang pertama melalui sepakan Ahmed Al Sarori yang melambung pada menit ketujuh, namun mereka pun berutang kepada kiper Saoud Al Sowadi yang dengan brilian mampu mementahkan upaya Mehdi Taremi.

Tetapi kemudian sang kiper tidak mampu menangkap bola tembakan Azmoun dengan sempurna, dan Taremi tidak membuang-buang peluang yang dimilikinya untuk memecah kebuntuan.

Iran menggandakan keunggulan melalui tendangan bebas Ashkan Dejagah yang membentur tiang gawang dan kemudian mengenai punggung sang kiper untuk masuk ke dalam gawang. Al Sowadi juga tidak memiliki kesempatan saat Taremi menanduk bola umpan silang Ramin Rezaeian.

Pasukan Carlos Queiroz semestinya menyelesaikan pertandingan dengan sepuluh pemain, namun wasit tidak memberikan hukuman kepada Majid Hosseini yang melakukan pelanggaran keras terhadap Emad Mansoor Tawfik.

Naik-turun penampilan Al Sowadi berlanjut ketika ia dua kali menggagalkan upaya Azmoun pada awal babak kedua, yang pertama dilakukan dengan reaksi luar biasa dari peluang lain melalui umpan Rezaeian.

Sebagaimana dapat diduga, sang kiper Yaman terlibat dalam gol ke gawangnya ketika sang penyerang Rubin Kazan, Azmoun, akhirnya mencatatkan namanya di papan skor.

Sepakan kaki samping yang dilepaskan Azmoun mengenai mistar gawang sebelum gelandang Amiens Ghoddos melengkapi pesta gol Iran, dan Mahdi Torabi sempat melepaskan sepakan yang mengenai tiang gawang Yaman pada fase akhir pertandingan.

Iran selanjutnya akan berhadapan dengan Iran pada Sabtu, sedangkan Yaman akan bertemu Irak.

Susunan pemain seturut laman resmi AFC:
Iran (4-1-4-1): Alireza Beiranvand, Ramin Rezaeian, Morteza Pouraliganji, Majid Hosseini (Pejman Montazeri 46'), Ehsan Haji Safi, Omid Ebrahimi, Mehdi Taremi (Karim Ansarifard (71'), Ashkan Dejagah, Vahid Amiri (Saman Ghoddos 60'), Mehdi Torabi, Sardar Azmoun

Yaman (4-4-2): Saoud Al Sowadi, Mohammed Fouad (Ammar Hamsan 57'), Mohammed Ba Rowis, Mudir Abdurabu, Alaadin Mahdi, Ahmed Al Sarori, Ahmed Ali Al Haifi, Wahid Al Khyat (Ahmed Saeed 64'), Emad Mansoor, Ala'a Al Sasi, Abdulwasea Al Matari (Ahmed Dhabaan 87')