Mahfud ajak mahasiswa Unram sambut pemilu damai

id Mahfud MD,Ajak mahasiswa,Mahasiswa Unram

Dewan Pengarah Badan Ideologi Pembinaan Pancasila (BPIP) Mahfud MD menyampaikan orasi kebangsaan di Sanggar Prativi Building, Jakarta, Selasa (31/7/2018). Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut menyampaikan visi kebangsaan Indonesia Raya dalam tarik menarik Keislaman dan Keindonesiaan. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Semua harus kompak menjaga NKRI sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa
Mataram (Antaranews NTB) - Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan Prof Mohammad Mahfud MD mengajak civitas dan mahasiswa Universitas Mataram (Unram), Nusa Tenggara Barat, untuk menyambut Pemilu 2019 dengan memberikan hak suaranya dan ikut menjaga kedamaian pesta demokrasi tersebut.

Ajakan tersebut disampaikan Mahfud MD, ketika memberikan kuliah umum dengan tema "Meningkatkan kualitas demokrasi melalui pemilu serentak" di gedung Dome, Unram, Selasa.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut menjelaskan bahwa pemilu merupakan ajang mencari pemimpin dan wakil bersama. Oleh sebab itu, pilihan boleh beda, tetapi setelah ada yang terpilih harus diterima secara bersama-sama.

"Yang menang tidak boleh sewenang-wenang, dan yang kalah tidak boleh merongrong, semua harus kompak menjaga NKRI sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa," ucapnya.

Menurut Mahfud, demokrasi bukan merupakan sistem pemerintahan yang ideal, namun merupakan sistem yang paling baik dari sistem yang ada.

Meski disadari bahwa demokrasi tidak ideal, kata dia, tetapi demokrasi merupakan resultante terbaik dari berbagai alternatif yang ada.

"Sebenarnya demokrasi bukan pilihan ideal bagi negara, demokrasi mengandung kelemahan-kelemahan seperti adanya massa liar, spekulasi penentuan kekuasaan, banyaknya demagogi, ambiguitas konsep, dan sebagainya," ujar Mahfud.?

Sementara itu, Rektor Unram Prof Lalu Husni, mengatakan pihaknya menggelar kuliah umum dengan tema "Meningkatkan kualitas demokrasi melalui pemilu serentak" tersebut karena isunya sedang hangat, baik di media maupun di tataran masyarakat luas.

Oleh sebab itu, dalam momen tersebut Prof Mohammad Mahfud MD, diundang untuk memberikan pemahaman terkait dengan aktivitas demokrasi sebagai bekal menghadapi pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada April 2019.

"Saya berharap, para mahasiswa dapat mengambil pelajaran dari pemikiran-pemikiran yang dilontarkan Prof Mahfud, dalam kuliah umum ini," katanya.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar