KATE WINSLET MENANGI GOLDEN GLOBE

id

Beverly Hills, (ANTARA/Reuters) - Aktris Inggris Kate Winslet memenangkan anugerah Golden Globe Minggu waktu AS untuk kategori aktris pembantu terbaik begitu pergelaran gala yang disebut sebagai perhelatan terbesar Hollywood bergulir dalam rangkaian penghargaan besar pertama di musim Oscar ini.

Si tenang Winslet yang bermain sebagai wanita Jerman dalam film berjudul "The Reader," mengaku terkejut dengan kemenangannya ini seraya menambahkan "Saya tidak punya bakat untuk memenangkan apapun."

Dia berterimakasih pada lawan-lawan mainnya dan mengagumi upaya para nomini lainnya termasuk Penelope Cruz yang menjadi pesaing keras Winslet dalam perannya sebagai seniman liberal dalam film garapan sutradara Woody Allen, "Vicky Cristina Barcelona."

Penghargaan ini menunjukkan kekuatan kebintangan mereka dan dampaknya pada kompetisi mendatang dalam mendapatkan Oscar yang menjadi penghargaan tertinggi dalam dunia film.

Tetapi Golden Globe tahun lalu menjadi momen membosankan akibat cara konferensi pers menjenuhkan setelah seorang penulis skenario mengadakan serangan verbal di situ.

Tahun ini, perhelatan yang dirancang oleh Asosiasi Pers Asing Hollywood ini berlangsung sebagaimana direncanakan dimana para aktor seperti Winslet, Leonardo DiCaprio, Brad Pitt dan Angelina Jolie bergabung dalam parade busana karpet merah di luar acara.

Asosiasi ini memperoleh kehormatan untuk menyeleksi film drama dan komedi terbaik, demikian pula aktor dan aktris terbaik.

Para angggota asosiasi yang seluruhnya 90 orang juga memberikan penghargaan untuk televisi, tapi bukan karena Golden Globes diselenggarkan sebulan sebelum penganugerahan Oscar, dan mereka juga mengikuti perkembangan film.

Di tatar iu, ketegangan tidak meninggi karena kebanyakan penghargaan benar-benar berlangsung ketat.

"Tak ada sama sekali pengusiran dalam Golden Globe tahun ini, bahkan tak juga Heath Ledger," kata Tom O'Neil dari laman pemerhati anugerah milik Los Angeles Times, TheEnvelope.com.

Ledger yang berperan sebagai si keji Joker dalam seri Batman, "The Dark Knight" dan dinominasikan dalam kategori aktor pembantu terbaik, meninggal tahun lalu karena overdosis.

Dalam Golden Globe kali ini, drama film terbaik dianugerahkan kepada "Slumdog Millionaire" yang berkisah tentang seorang Indian muda yang berkompetisi dalam meraih cinta dan uang dalam sebuah acara kuis TV yang mengalahkan film dengan gambar terbaik "The Curious Case of Benjamin Button" yang berkisah tentang epos cinta dibintangi Brad Pitt yang berperan sebagai pria ketinggalan jaman.

Para pengamat tidak bisa mengabaikan film "Frost/Nixon" yang memasukkan wawancara mantan Presiden AS Richard Nixon dengan presenter TV Inggris, David Frost.

Dua nomini lainnya adalah dua film drama berjudul "The Reader" dan "Revolutionary Road."

Diantara para nomini aktris drama terbaik, Anne Hathaway yang berperan sebagai mantan pecandu narkoba dalam "Rachel Getting Married" menghadapi persaingan dari Meryl Streep yang bermain sebagai seorang perawat yang diduga melakukan kekerasan seksual di sekolah Katolik miliknya dalam film berjudul "Doubt."

Kedua orang aktris ini mendapat tantangan dari Angelina Jolie yang main dalam "The Changeling," Kate Winslet pada "Revolutionary Road" dan Kristen Scott Thomas dalam film Prancis berjudul "I've Loved You So Long."

Aktor drama yang veteran dalam banyak penobatan penghargaan, Frank Langella, yang bermain sebagai mantan presiden AS dalam "Frost/Nixon" mesti bersaing dengan Sean Penn yang berperan sebagai aktivis gay Harvey Milk dalam "Milk," Brad Pitt dalam "Benjamin Button," si anak hilang Mickey Rourke dalam "The Wrestler" dan Leonardo DiCaprio yang berperan sebagai suami frustsi dalam "Revolutionary Road."

Akhirnya, sejumlah pemirsa tidak lagi berminat mengikuti penghargaan setelah menyaksikan pargelaran mode di karpet merah. Kebanyakan aktris tampil dengan gaun tak bertali, beberapa lainnya mengenakan manik-manik dan perhiasan berkemilau.

Bintang idola remaja Miley Cyrus, yang dinominasikan sebagai pelantun lagu tema terbaik berjudul "I Thought I lost You" dalam film animasi berjudul "Bolt," datang mengenakan gaun warna coklat krem menjuntai sampai lantai rancangan Marquesa.

Tapi ada satu item yang tidak ingin diperlihatkan remaja berusia 16 tahun itu, yaitu sepatunya. "Saya menyembunyikannya karena saya tidak menyukainya," katanya sembari mengumbar senyum. (*)