Tips dokter untuk kesehatan selama Ramadhan

id Kepala Unit Pelaksana Fungsional

Tips dokter untuk kesehatan selama  Ramadhan

Kepala Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Tugu Kota Depok Jawa Barat, dr. Eka Kurniati. (Megapolitan.antaranews.com/Foto: Diskominfo Depok)

Mataram (ANTARA) - Kepala Unit Pelaksana Fungsional (UPF) Puskesmas Tugu Kota Depok Jawa Barat, dr. Eka Kurniati membagi tips agar tetap sehat saat menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

"Perlu mengatur pola makan yang dapat dilakukan saat berbuka puasa dan sahur. Tentunya dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dan air yang cukup," ujar Eka Kurniati di Depok, Minggu.

Ia mengatakan saat berbuka harus mengonsumi makanan atau minuman yang manis sebagai pengganti kadar gula yang rendah selama berpuasa.

Menjaga kesehatan saat menjalankan ibadah puasa harus dilakukan, karena banyak terjadi perubahan pola hidup selama menjalankan ibadah puasa, mulai dari pola makan hingga pola tidur yang berkurang.

Selain itu katanya dianjurkan minum air putih 8 – 10 gelas mulai dari buka puasa hingga sahur. Sedangkan untuk makanan yang dihidangkan harus memenuhi gizi seimbang di antaranya makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan.

Menurut Eka meskipun berpuasa juga harus tetap melakukan aktivitas fisik yang memungkinkan selama 30 menit setiap harinya. Tidak hanya itu, juga dianjurkan melakukan cek kesehatan secara rutin bagi penderita hipertensi.

"Pemeriksaan kesehatan penting dilakukan. Karena dengan cek kesehatan kita tahu bagaimana kondisi tubuh setelah menjalankan ibadah puasa," katanya.


 Baca juga: Tips tetap kenyang saat Ramadhan
Baca juga: Banyak minum bikin tubuh tetap bugar selama puasa